Terbanyak ke Swiss, Ekspor Perhiasan RI Capai Rp 35 T di Semester I

Andi M. Arief
19 Agustus 2022, 13:48
Swiss, perhiasan, ekspor
ANTARA FOTO/REUTERS/Denis Balibouse
Seorang model menunjukkan berlian biru tua mewah dengan berat 7,03 karat, dipasang oleh toko perhiasan Moussaieff yang diperkirakan akan berharga antara 10 hingga 14 juta dolar AS, saat pratinjau rumah lelang Christie di Jenewa, Swiss, Kamis (7/11/2019).

Kementerian Perindustrian atau Kemenperin mencatat nilai ekspor perhiasan domestik naik 92,68% secara tahunan menjadi US$ 2,37 miliar atau sekitar Rp 35,2 triliun pada semester I-2022. Swiss merupakan negara tujuan utama ekspor perhiasan Indonesia.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pangsa pasar perhiasan lokal di pasar ekspor naik menjadi 2,5% pada 2021 dari realisasi 2020 sebesar 2%. Dengan demikian, Indonesia menduduki peringkat ke-14 dalam kontribusi ke pasar perhiasan dunia pada akhir 2021.

"Hal ini menunjukkan bahwa industri perhiasan Indonesia masih memiliki peluang untuk terus tumbuh dan berkembang dalam meningkatkan pangsa pasarnya,” kata Agus dalam keterangan resmi, Jumat (19/8).

Agus mencatat Swiss merupakan salah satu negara tujuan ekspor perhiasan Indonesia dengan kontribusi volume ekspor mencapai 35% pada 2021. Capaian tersebut diikuti oleh Amerika Serikat sebanyak 26%, sedangkan Uni Emirat Arab dan Hongkong berkontribusi masing-masing sebesar 11%.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita mengatakan performa ekspor industri perhiasan nasional berpotensi terus meningkat. Hal tersebut ditunjukkan dengan industri perhiasan skala besar dan menengah yang mencapai 98 unit.

Reni mencatat industri perhiasan nasional telah menyerap tenaga kerja lebih dari 21.000 orang hingga saat ini.

Reni mengatakan perintah akan menjaga iklim usaha industri perhiasan di dalam negeri tetap kondusif. Hak tersebut dinilai penting untuk menjaga momentum pertumbuhan perusahaan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...