Strategi Pupuk Indonesia Capai Emisi Nol pada 2050

Andi M. Arief
23 Agustus 2022, 15:07
pupuk, katadatasafe2022
Katadata
Presiden Direktur PT Pupuk Indonesia (persero) Achmad Bakir Pasaaman memberi pemaparan pada event #KATADATASAFE2022, Selasa (23/8/2022)

PT Pupuk Indonesia akan mengonversi karbondioksida atau CO2 hasil produksi amonia menjadi soda ash pada 2025. Aksi korporasi tersebut merupakan target jangka pendek Pupuk Indonesia dalam road map atau peta jalan perusahaan untuk mencapai net zero emission pada 2050.

Fasilitas produksi soda ash tersebut akan dikelola oleh salah satu anak usaha PT Pupuk Indonesia, yakni PT Kalimantan Timur. Kapasitas pabrik tersebut direncanakan mencapai 300.000 ton dengan investasi hingga Rp 4,5 triliun.

Advertisement

"CO2 ini kami konversi jadi soda ash, sehingga mengurangi emisi CO2 yang dibuang ke atmosfer dan kita mengurangi energi berlebih," kata Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman dalam webinar Katadata Sustainability Action For The Future Economy (SAFE) 2022 dengan tema "Recover Stronger Recover Sustainable", Selasa (23/8).

Adapun, bahan baku pembuatan soda ash akan berasal dari limbah hasil produksi Pupuk Kaltim. Berdasarkan catatan Katadata, total karbondioksida hasil produksi pupuk yang tidak digunakan kembali Pupuk Kaltim mencapai 4,2 juta ton per tahun.

Pada saat yang sama, total permintaan soda ash di dalam negeri mencapai 1,1 juta ton pada 2025. Sebanyak 900.000 soda ash masih dipasok dari pasar internasional atau bergantung pada proses impor.

Pada jangka menengah, Bakir mengatakan Pupuk Indonesia akan mengarahkan penjualan kepada perusahaan energi. Pupuk Indonesia akan mengirimkan hidrogen ke pasar internasional dalam bentuk amonia ke negara yang membutuhkan hidrogen sebagai bahan baku pembangkit tenaga listrik.

Hal tersebut memungkinkan karena Pupuk Indonesia memproduksi amonia yang merupakan produk antara sebelum menjadi pupuk berbentuk urea maupun NPK.

Secara sederhana, amonia merupakan hasil percampuran antara hidrogen dan nitrogen. Sehingga, pemisahan struktur kimia amonia menjadi hidrogen tidak menghasilkan karbondioksida.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement