Jokowi Bakal Sediakan Vaksin Covid-19 untuk Anak di Bawah 6 Tahun

Rizky Alika
23 Agustus 2022, 16:19
vaksin Covid-19
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/pras.
Petugas menyuntikkan vaksin campak rubella kepada seorang anak dalam Bulan Imuniasi Anak Nasional (BIAN) di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) III Tanah Abang, Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Virus corona terus bermutasi. Presiden Joko Widodo pun sedang menjajaki vaksin Covid-19 untuk anak berusia di bawah enam tahun.

"Bapak Presiden minta vaksinasi untuk anak-anak di bawah 6 tahun," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (23/8).

Vaksin Covid-19 untuk anak-anak telah disetujui di berbagai negara dunia. Vaksin tersebut dinamakan vaksinasi pediatric.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu mengatakan, pemerintah akan mendorong vaksinasi Covid-19 di akhir tahun ini. Vaksinasi dituamakan untuk golongan dengan imunitas rendah.

Untuk itu, pemerintah akan melakukan serosurvei pada November mendatang. Ini dilakukan untuk mengetahui kelompok masyarakat yang mengalami penurunan imunitas.

Pihaknya juga berupaya untuk menjaga imunitas masyarakat tetap tinggi. Sebab, Budi memperkirakan bakal ada varian baru Covid-19 pada awal tahun depan.

Perkiraan tersebut lantaran Budi melihat adanya kasus konfirmasi Covid-19 yang tinggi di berbagai negara, seperti Eropa, Jepang, dan Amerika Serikat.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...