Rusia Janji Alirkan Gas ke Eropa Bila Sanksi Invansinya Dicabut

Yuliawati
Oleh Yuliawati
6 September 2022, 16:54
Rusia, pipa gas
ANTARA FOTO/REUTERS/Candace Elli
Ilustrasi.

Rusia menyatakan berhentinya pasokan gas ke Eropa disebabkan sanksi Barat setelah invasi Moscow ke Ukraina. Kremlin mendorong sanksi tersebut dicabut sehingga pipa Nord Stream 1 (NS1) yang mengalirkan gas ke Eropa dapat kembali mengalir.

Juru bicara Rusia Dmitry Peskov mengatakan alasan di balik keputusan menutup pipa Nord Stream karena sanksi yang diberikan kepada Moscow.

"Masalah pemompaan [Gas] muncul karena sanksi yang dijatuhkan terhadap negara kami dan perusahaan oleh negara-negara Barat, termasuk Jerman dan Inggris," kata Peskov seperti dikutip oleh kantor berita Interfax, dikutip dari Al Jazeera, Selasa (6/9).

Pada Jumat pekan lalu, Rusia menyatakan berhentinya aliran gas melalui pipa Nord Stream 1 karena ada kerusakan yang membutuhkan perbaikan. Perusahaan gas milik negara Rusia, Gazprom, menemukan kerusakan baru yang membutuhkan perbaikan tanpa menyebut sampai kapan aliran akan dihentikan.

Peskov mengatakan tidak ada alasan lain yang bisa menyebabkan masalah aliran pipa ini. “Sanksi yang mencegah unit-unit tersebut diservis, yang mencegah mereka dipindahkan tanpa jaminan hukum yang sesuai. Sanksi-sanksi inilah yang dikenakan oleh negara-negara Barat yang telah membawa situasi seperti yang kita lihat sekarang,” ujar Peskov.

Komentar Peskov muncul di tengah krisis energi yang semakin dalam di seluruh Eropa. Pipa Nord Stream 1 yang beroperasi sejak 2011, merupakan pipa gas tunggal terbesar yang membawa gas antara Rusia dan Eropa Barat.

Uni Eropa membalas langkah Moskow. Juru bicara Komisi Eropa mengatakan bahwa penghentian total aliran gas dilakukan dengan "dalih yang salah". Pejabat Uni Eropa telah berulang kali menuduh Rusia sengaja membendung atau mengurangi arus sebagai pembalasan atas sanksi Barat dan dukungan Ukraina.

Amerika Serikat juga menuduh Rusia menggunakan energi sebagai senjata. AS yakin Eropa akan memiliki cukup gas untuk menghadapi bulan-bulan musim dingin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...