Prabowo Dekati UAS, Strategi Gerindra Kembali Gandeng Ulama di 2024

Ade Rosman
9 September 2022, 18:26
Prabowo, UAS
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Dai kondang Ustaz Abdul Somad (UAS) memberikan tausiyah pada acara Tabligh Akbar di Serpong, Tangerang, Selatan, Banten, Rabu (11/7/2018).

Petinggi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) menemui Ustaz Abdul Somad atau UAS di kediamannya di Kampar, Riau pada Kamis (8/9). Seperti pada Pemilu 2019, Gerindra akan menggalang dukungan dari para ulama pada Pemilu 2024.

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menyampaikan Gerindra bakal terus menjalin hubungan baik dengan tokoh agama seperti ustaz, ulama, kiai, dan habaib. “Ustaz, kiai, ulama, dan habaib adalah orang-orang yang menjadi simbol rakyat sebagaimana pesan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto,” kata Muzani dalam keterangan tertulis, Jumat (9/9).

Muzani juga menyampaikan Prabowo Subianto bakal menemui UAS secara langsung dalam waktu dekat. Silaturahmi kepada UAS merupakan salah satu bagian dari rangkaian kunjungan Gerindra ke sejumlah ulama. Sebelumnya petinggi Gerindra mengunjungi pimpinan pondok pesantren di Jawa Timur, Jawa Tengah, serta Jawa Barat.

Pakar komunikasi politik Universitas Gadjah Mada (UGM) Nyarwi Ahmad menyatakan pertemuan tersebut menandakan Gerindra memandang ulama sebagai aktor-aktor penting yang berpengaruh dalam dinamika politik di Indonesia.

"Tentu di sini juga ada pertanyaan, ulama-ulama yang seperti apa yang terus bermitra atau dijadikan mitra oleh Gerindra sebagai penopang narasi politik dan kebangsaan yang menjadi agendanya," kata saat dihubungi Katadata.co.id.

Nampaknya, Nyarwi menambahkan, Gerindra masih menilai ulama sebagai basis elektoral politik yang memiliki pengaruh besar di Indonesia dalam Pilpres 2024.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...