Beda dengan AS, Uni Eropa Anggap Pandemi Covid-19 Belum Berakhir

Rizky Alika
21 September 2022, 17:25
pandemi covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song/hp/cf
Seorang pekerja dengan alat pelindung diri mengambil sampel swab dari seorang warga di lokasi tes asam nukleat saat penguncian, di tengah penyebaran penyakit virus corona (COVID-19), di Shanghai, China, Kamis (28/4/2022).

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyatakan pandemi Covid-19 telah berakhir. Namun, seorang pejabat regulator obat di Uni Eropa mengatakan hal sebaliknya, pandemi virus corona belum selesai.

"Kami di Eropa masih menganggap pandemi sedang berlangsung." kata Kepala Petugas Medis Badan Obat Eropa (EMA) Steffen Thirstrup dikutip dari Reuters, Selasa (20/9).

Oleh karenanya, upaya memerangi pandemi perlu dilakukan dengan kampanye vaksinasi selama musim dingin. Selain itu, penting bagi negara-negara Uni Eropa untuk mempersiapkan peluncuran vaksin, terutama vaksin yang menargetkan varian virus tertentu untuk mencegah penyebaran lebih lanjut.

Thirstrup juga diminta mengomentari pernyataan Biden yang menyatakan pandemi berakhir. Namun, ia mengatakan tidak bisa menjawab mengapa Biden mengambil kesimpulan itu.

Adapun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pandemi tetap menjadi darurat global. Namun, akhir dari pandemi bisa terlihat.

Sementara, pejabat EMA menegaskan kembali orang-orang di Eropa harus mengambil booster Covid-19 yang tersedia dan direkomendasikan kepada masyarakat.

EMA telah mendukung sejumlah vaksin yang disesuaikan dengan varian virus Omicron untuk digunakan sebagai suntikan booster. Vaksinasi untuk meringankan lonjakan infeksi yang dikhawatirkan terjadi selama musim gugur dan musim dingin di Eropa.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...