2,4 Juta Pekerja Dapat BSU Tahap 2, Gaji UMP Jakarta Berhak Terima

Yuliawati
Oleh Yuliawati
22 September 2022, 12:54
BSU tahap 2, bantuan subsidi upah
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc.
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (kiri) berbincang dengan sejumlah pekerja penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) di Krisna Oleh-Oleh Bali di kawasan Kuta, Badung, Bali, Selasa (13/9/2022).

Pemerintah dalam proses mencairkan bantuan subsidi upah atau BSU Tahap 2 pada pekan ini. Jumlah penerima BSU Tahap 2 sebanyak 2,4 juta pekerja yang akan menerima masing-masing Rp 600 ribu.

Proses pencairan BSU tahap dua akan dimulai pekan ini setelah melalui proses verifikasi dan validasi. Setelah itu, dana BSU akan dicarikan melalui Kementerian Ketenagakerjaan dan Badan penyelenggara jaminan sosial ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK).

Deputi Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga BP Jamsostek Oni Marbun menyarankan bagi pekerja yang ingin mengetahui apakah dirinya sebagai calon penerima BSU atau tidak, dapat mengakses kanal resmi melalui bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id.

“BSU ini manfaat lain di luar program yang kami selenggarakan. Untuk itu kami mengimbau perusahaan/pemberi kerja untuk selalu memastikan semua pekerjanya telah terdaftar, melaporkan gaji/upah dengan benar dan tidak menunggak iuran BPJAMSOSTEK,” ujar Oni, dikutip dari Antara, Kamis (22/9).

Menurut data BPJAMSOSTEK sampai saat ini sudah terdapat 7,5 juta data calon penerima BSU yang diserahkan kepada Kemnaker. Jumlah tersebut terbagi dalam dua tahap yaitu 5.099.915 data penerima diserahkan pada tahap pertama dan tahap kedua sebanyak 2.406.915.

Setiap data yang diserahkan kepada Kemenaker akan kembali dilakukan pengecekan, skrining ulang, dan pemadanan data terhadap bantuan pemerintah lain seperti bantuan kartu prakerja dan program keluarga harapan.

Ia mengatakan data yang diserahkan kepada Kemenaker merupakan data pekerja yang sudah dilaporkan melalui kanal resmi BPJAMSOSTEK dan telah dilakukan verifikasi untuk memastikan validitas data tersebut.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...