Survei CSIS: Demokrat Paling Disukai Milenial dan Gen Z

Rizky Alika
26 September 2022, 17:07
Demokrat, CSIS
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/foc.
Warga menggunakan topeng wajah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengikuti jalan sehat Demokrat untuk rakyat di Alun-alun Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (25/9/2022).

Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menggelar survei terkait elektabilitas partai politik di kalangan anak muda. Hasil survei menunjukkan sebagian besar milenial dan generasi Z menyukai partai Demokrat.

Dari popularitas, partai yang paling dikenal oleh anak muda ialah Golkar, yaitu 94%. Kemudian, PDI Perjuangan dikenal oleh 93,5%, Gerindra 92,7%, Demokrat 91,6%, dan Nasdem 84,2%

"Pengenalan terhadap partai sudah cukup tinggi dengan jarak tipis pada empat partai," kata Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS Arya Fernandes di Jakarta, Senin (26/9).

Dari mereka yang mengenal partai tersebut, sebanyak 82% responden menyukai Demokrat. Kemudian, 79% responden menyukai Gerindra, 75,9% menyukai Golkar, dan 75,8% menyukai Perindo.

Sedangkan dari 93,5% anak muda yang kenal PDIP, hanya 68,2% responden yang menyukai partai berlambang banteng itu.

Meski begitu, PDIP mendapatkan elektabilitas tertinggi. Bila pemilu legislatif anggota DPR dilaksanakan, sebanyak 21,6% responden akan memilih PDIP.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...