Anak Muda Anggap Isu Kesejahteraan Lebih Penting Dibandingkan Korupsi

Rizky Alika
26 September 2022, 18:34
capres, pilpres 2024, anak muda
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Pencari kerja memindai barcode saat melamar pekerjaan dalam Pameran Bursa Kerja di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (3/12/2019).

Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menggelar survei tentang pemilihan umum (pemilu) 2024 terhadap harapan para pemilih terhadap calon presiden (capres) dan wakil presiden. Hasil survei menunjukkan sebagian besar responden menilai kesejahteraan masyarakat menjadi isu strategis pada Pilpres 2024.

Mayoritas responden lebih menganggap penting isu kesejahteraan dan ekonomi dibandingkan korupsi. "Isunya level ekonomi masih strategis bagi anak muda," kata Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS Arya Fernandes di Jakarta, Senin (26/9).

Secara rinci, 44,4% responden mengatakan isu kesejahteraan masyarakat menjadi isu strategis. Sementara, isu lapangan kerja dinilai strategis oleh 21,3% responden, pemberantasan korupsi dianggap strategis oleh 15,9%, serta demokrasi dan kebebasan sipil dinilai strategis oleh 8,8% responden.

Sedangkan, 6,2% responden menilai kesehatan menjadi isu strategis dan 2,3% responden menilai lingkungan hidup jadi isu strategis.

Survei juga menunjukkan, 34,8% pemilih muda membutuhkan pemimpin yang jujur atau tidak korupsi. Selain itu, 15,9% responden mengatakan pemimpin perlu merakyat dan sederhana, sementara 12,4% menilai calon presiden tegas dan berwibawa.

Di sisi lain, sikap taat beragama hanya memperoleh 4,1%. "Orang butuh pemimpin yang jujur, berintegritas, dan bersih dari korupsi," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...