Bos BI: Selain Beli Durian Monthong, Musang King Bakal Bisa Pakai QRIS

Abdul Azis Said
5 Oktober 2022, 14:33
QRIS, BI
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/hp.
Pembeli bertransaksi menggunakan QRIS di salah satu toko di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Jumat (18/3/2022).

Turis asal Indonesia yang berlibur ke Thailand kini tidak perlu lagi membawa uang tunai atau menukar dengan mata uang baht jika ingin berbelanja. Bank sentral kedua negara, Indonesia dan Thailand, kini sudah mengintegrasikan sistem pembayaran berbasis quick response  code sehingga atau QRIS dapat digunakan secara penuh sejak Agustus lalu.

"Kalau kita pergi ke Thailand sekarang dan membeli durian montong atau lainnya, bisa bayar hanya dengan QR dan kita bayar dengan rupiah secara langsung, bukan baht," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam The 8th International Islamic Monetary Economics and Finance Conference and Call for Papers (8-IIMEFC), Rabu (5/10).

Advertisement

BI bersama bank sentral Thailand (BoT) telah menggelar uji coba selama interkoneski QRIS dengan kode QR Thailand setahun terakhir, sebelum akhirnya resmi meluncur secara penuh pada akhir Agustus tahun ini.

Setelah Thailand, kerja sama dengan Malaysia kini masih proses uji coba. Sehingga, pembelian durian khas Malaysia, musang king, kata Perry, nantinya juga sudah bisa melalui QRIS.

"Indonesia dan Malaysia sudah uji coba, tiga atau empat bulan lagi dari sekarang akan terkoneksi (penuh)," kata Perry.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement