BPOM Akui Belum Pernah Cek Kandungan Etilen Glikol dalam Obat Sirop

Andi M. Arief
24 Oktober 2022, 18:39
obat sirop, etilen glikol
Sejumlah pedagang menutup dengan kain lemari yang menyimpan obat sirup di apotek usai inspeksi mendadak (sidak) di Bekasi, Jawa Barat, Senin (24/10/2022).

Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM mengakui belum pernah menguji kandungan racun Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) dalam obat sirop. BPOM tak pernah mencari kedua zat kimia tersebut dalam uji coba obat.

Kepala BPOM Penny K. Lukito mengatakan belum ada standar kadar uji EG dan DEG di dunia internasional. "Inilah standar yang harus kami kembangkan sekarang, sehingga menjadi bagian dari sampling rutin dari BPOM," kata Penny di Istana Bogor dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Senin (24/10).

Pengujian dua kandungan zat tersebut setelah merebaknya kasus gagal ginjal akut. Pemerintah mulai mengetes obat sirop setelah jatuh korban gagal ginjal yang hingga saat ini menyebabkan 141 orang meninggal.

Penny mengatakan BPOM selama ini melakukan uji coba obat secara rutin. Uji coba itu sebagai bentuk pengawasan obat setelah masuk ke pasar atau post-market.

Selain itu, BPOM juga melakukan pengawasan obat sebelum masuk ke pasar atau pre-market. Secara sederhana, pengawasan pre-market dilakukan dengan cara menerima daftar bahan baku yang digunakan oleh produsen obat dalam memproduksi obat tertentu.

Penyerahan daftar bahan baku tersebut menjadi kewajiban produsen obat agar mendapatkan izin edar obat tersebut saat melakukan registrasi di BPOM. Adapun, daftar bahan baku tersebut wajib disertai analisis bahan baku obat.

Analisis tersebut merupakan hasil dari kewajiban produsen obat untuk melakukan pengujian obat secara mandiri. Setelah diterima, BPOM akan melakukan evaluasi terhadap analisis tersebut sebelum menerbitkan nomor izin edar suatu obat.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...