PTBA Bakal Operasikan PLTU Mulut Tambang Sumsel pada Awal 2023

Muhamad Fajar Riyandanu
27 Oktober 2022, 17:53
batu bara, PTBA
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/rwa.
Foto udara aktivitas bongkar muat batu bara di kawasan pantai Desa Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Aceh, Kamis (9/12/2021).

PT Bukit Asam (PTBA) akan segera mengoperasikan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara mulut tambang Sumsel-8 atau PLTU Tanjung Lalang di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Perkiraannya PLTU beroperasi komersial atau commercial operation date (COD) pada awal 2023.

Direktur Umum PTBA, Arsal Ismail, mengatakan kemajuan konstruksi PLTU Tanjung Lalang sudah mencapai 97% dan ditargetkan memulai proses pengujian operasional pada kuartal IV 2022. "Pembangkit listrik ini diharapkan dapat mulai menyelesaikan proses uji komisioning pada akhir tahun 2022, dan mulai beroperasi komersial pada 2023," kata Arsal dalam konferensi pers kinerja Perseroan Kuartal III 2022 pada Kamis (27/10).

Advertisement

PLTU Tanjung Lalang berkapasitas 2x620 megawat (MW) bakal membutuhkan suplai batu bara 5,4 juta ton per tahun dengan nilai proyek mencapai US$ 1,68 miliar atau sekitar Rp 24 triliun. PLTU ini merupakan bagian dari proyek 35.000 MW yang dibangun PTBA melalui PT Huadian Bukit Asam Power (HBAP) sebagai Independent Power Producer atau IPP.

PLTU tersebut juga merupakan bagian dari proyek 35.000 MW. "HBAP ini merupakan Konsorsium dengan Cina Huardian Company Limited," ujar Arsal.

HBAP mendapat fasilitas pinjaman dari China Export Import (CEXIM) Bank senilai US$ 1,26 miliar atau sekitar Rp 17 triliun. Pembiayaan yang diberikan CEXIM untuk proyek PLTU Sumsel-8 ini merupakan salah satu bentuk kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok.

Nilai pinjaman CEXIM ini mencapai 75% dari kebutuhan pendanaan proyek. Bukit Asam dan China Huadian akan memenuhi 25% sisanya atau sekitar US$ 420 juta melalui setoran modal. HBAP dan PLN menandatangani Power Purchase Agreement (PPA) pada 2014 namun diamendemen pada 19 Oktober 2017.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement