Kontrak Ekspor Gas ke Singapura dari Blok Medco, Jumlahnya Berkurang

Muhamad Fajar Riyandanu
31 Oktober 2022, 14:10
Medco, Singapura
dokumentasi Pertamina
Ilustrasi. Wilayah kerja Migas Senoro - Toili yang dikelola oleh JOB Pertamina Medco Tomori Sulawesi .

Kementerian ESDM memperpanjang kontak penjualan gas bumi ke Singapura hingga 2028. Pasokan gas tersebut akan bersumber dari Blok Corridor Sumatera Selatan yang didistribusikan lewat jalur pipa.

Operator Blok Corridor yakni PT Medco Energi Internasional. Direktur Utama Medco Energi, Hilmi Panigoro, mengatakan mendukung langkah pemerintah soal ekspor gas bumi ke Singapura.

"Kami mendukung pemerintah atas persetujuan alokasi pasokan gas dari Blok Corridor ke Gas Supply Pte Ltd's (GSPL)," kata Hilmi saat dihubungi lewat pesan singkat WhatsApp pada Senin (31/10).

Medco juga berusaha untuk memenuhi pasokan gas dalam negeri sembari menjalankan kontrak penjualan gas bumi ke Singapura. Namun, Hilmi enggan menjelaskan besaran harga dan volume penjualan gas dari Blok Corridor ke GSPL. "Setelah akuisisi Corridor, kami yakin MedcoEnergi dapat memenuhi kebutuhan gas baik domestik maupun internasional," ujar Hilmi.

Indonesia memperpanjang kontrak penjualan gas bumi ke Singapura selama lima tahun hingga 2028. Komitmen tersebut sebelum masa habis kontak pada 2023. Jumlah kontrak gas terbaru ini berkurang 30-40% dari kontrak lama demi memenuhi permintaan dalam negeri. 

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...