TNI AU Beli 5 Pesawat Super Hercules dari AS, Tiba 2023

Andi M. Arief
2 November 2022, 18:04
Super Hercules buatan Lockheed Martin.
Lockheed Martin.
Super Hercules buatan Lockheed Martin.

Lockheed Martin Aeronautics Company resmi menjual lima unit pesawat C-103J atau Super Hercules ke Indonesia. Pengiriman Super Hercules ke dalam negeri tidak sekaligus, dimulai Februari 2023.

Director of International Business Development Lockheed Richard Johnston mengatakan pengiriman secara berkala akan meringankan tugas TNI AU dalam mempersiapkan kedatangan Super Hercules. "Lockheed akan mengirimkan lima pesawat Super Hercules hingga akhir 2023," kata Johnston di Jakarta International Expo, Rabu (2/11).

Di Asia, beberapa negara yang resmi membeli Super Hercules adalah India, Bangladesh, Korea Selatan, dan negara-negara di Timur Tengah. "Indonesia akan menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki Super Hercules," kata Johnston.

Johnston mendorong pemerintah Indonesia menambah pembelian Super Hercules sebanyak 7-10 unit lagi. Dia mencatat sebagian besar armada pesawat C-130H atau Hercules di dalam negeri berusia 45-50 tahun. TNI Angkatan Udara (AU) mulai mengoperasikan Hercules sejak 1960-an.

"Mobil berusia 10 tahun saja mulai rusak. Mungkin kamu akan berpikir lebih baik membeli mobil baru lantaran biaya perbaikan akan lebih mahal," kata Johnston.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...