6 Tersangka Tragedi Itaewon, dari Polisi hingga Staf Pemadam Kebakaran

Andi M. Arief
8 November 2022, 11:30
Itaewon
Antara
Petugas mengevakuasi korban kerumunan di Itaewon, Seoul, Korea Selatan, Sabtu (29/10).

Divisi Investigasi Spesial Kepolisian Korea Selatan telah menetapkan enam tersangka dalam bencana kerusuhan Itaewon yang terjadi pada 29 Oktober 2022. Mayoritas tersangka tersebut berasal dari Kepolisian Yongsan.

Seperti dikutip dari The Korea Herald, keenam tersangka tersebut adalah Mantan Kepala Polisi Stasiun Yongsan Lee Im-Jae, Petugas di Seoul Metropolitan Police Agency Ryu Mi-Jin, Kepala Polisi Distrik Yongsan-gu Park Hee-Young, Kepala Pemadam Kebakaran Yongsan Choi-Seong-Beom, dan dua petugas intelijen dari Stasiun Polisi Yongsan.

"Kami telah menyelidiki 154 orang dan membawa enam orang sebagai tersangka," kata Juru Bicara Divisi Investigasi Spesial Kepolisian Korea Selatan Kim Dong-Wook seperti dilansir dari The Korea Herald pada Selasa (8/11).

Seluruh tersangka diancam dugaan kelalaian profesional yang mengakibatkan kematian. Bencana Itaewon saat perayaan Halloween menyebabkan 156 korban jiwa, 30 orang luka berat, dan 122 orang luka ringan.

Dua tersangka yakni Lee Im-Jae dan Ryu Mi-Jin berpotensi dijatuhi dugaan melalaikan tugas. Sedangkan, dua petugas dari tim intelijen Stasiun Polisi Yongsan akan dikaitkan dengan penyalahgunaan wewenang dan penghancuran barang bukti.

Menurut Kim Dong-Wook, Lee Im-Jae, meninggalkan restoran dekat Kantor Polisi Yongsan pada 21.47 atau setelah mendapatkan notifikasi terkait kondisi di Itaewon. Lee Im-Jae berada di dalam mobil dan tiba di Stasiun Nosakpyeong sekitar 10 menit kemudian.

Karena kepadatan lalu lintas, Lee Im-Jae terus mengendarai mobil dan mencoba mengambil jalur memutar menuju lokasi kejadian. Dia keluar dari mobil sekitar pukul 22.55 dan tiba di lokasi kejadian perkara pada 23.05.

Artinya, Lee Im-Jae tiba di tempat kejadian perkara lebih dari 60 menit setelah tiba di Stasiun Nosakpyeong. Adapun, Kim Dong-Wook menilai jarak antara Stasiun Nosakpyeong dan lokasi kejadian dapat dicapai dengan waktu sekitar 10 menit dengan berjalan kaki.

Selain itu, rekaman dekat kejadian Bencana Itaewon menunjukkan Lee Im-Jae berjalan dengan tangan yang tergenggam di belakang punggungnya.

Saat ini, Kim Dong-Wook sedang menyelidiki kenapa Lee Im-Jae memutuskan untuk terus berada di dalam mobil. Selain itu, timnya juga menyelidiki apakan Lee Im-Jae memberikan instruksi sesuai dengan kondisi dari dalam mobil.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...