Penjelasan PM Kanada Justin Trudeau Usai Dimarahi Presiden Xi Jinping

Yuliawati
Oleh Yuliawati
17 November 2022, 16:39
 Xi Jinping, Cina, Kanada
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Akbar Nugroho Gumay/nym.
Presiden China Xi Jinping tiba di lokasi KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022).

Usai Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, hubungan antara Presiden Cina Xi Jinping dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mendapat sorotan. Penyebabnya, Xi terekam kamera terlihat marah dan mengkritik Trudeau di sela-sela KTT G20.

Awalnya, kedua pimpinan itu mengadakan pertemuan informal 10 menit di sela-sela KTT G20 pada Selasa (15/11). Keesokan harinya, Xi mendekati Trudeau dan memarahinya karena dianggap membongkar percakapan tertutup mereka kepada media.

"Itu tidak pantas, dan kami tak melakukannya dengan cara itu," kata Xi dikutip dari Reuters, Kamis (17/11).

Reuters mengatakan, Kanada tidak pernah merilis pembacaan resmi dari pertemuan antara Jinping dan Trudeau. Namun, Trudeau mengkonfirmasi percakapan dan poin yang dia sampaikan kepada Xi pada konferensi pers di akhir G20.

Salah satunya kekhawatiran serius soal dugaan spionase dan campur tangan Cina dalam Pemilu di Kanada.

Trudeau beranggapan tak perlu menutupi informasi pertemuan kedua pimpinan tersebut. "Kanada mempercayai warganya dengan (memberikan) informasi tentang percakapan yang kami lakukan atas nama mereka sebagai pemerintah," kata Trudeau menurut transkrip konferensi pers, dikutip dari Reuters.

Trudeau menambahkan bahwa tidak semua percakapan dengan para pemimpin akan berjalan dengan mudah. Dia juga menyebutkan "sistem" antara Kanada dan Cina memang bertolak belakang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...