Vale Mulai Konstruksi Proyek Smelter Nikel yang Terbesar di Dunia

Happy Fajrian
28 November 2022, 13:36
Vale, smelter
Katadata/Happy Fajrian
Groundbreaking tambang dan smelter nikel PT Vale Indonesia Blok Pomalaa di Kolaka, Sulawesi Tenggara, pada Minggu (27/11/2022).

PT Vale Indonesia memulai groundbreaking proyek tambang dan pabrik pengolahan (smelter) nikel Blok Pomalaa di Kolaka, Sulawesi Tenggara, pada Minggu (27/11). Groundbreaking ini menandakan dimulainya proyek yang ditargetkan rampung pada 2025 ini.

Proses groundbreaking tambang dan smelter ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan; Presiden Direktur PT Vale Indonesia Febriany Eddy; CEO Vale S.A. Eduardo Bartolomeo; Chairman Huayou Zhejiang Cobalt Chen, Gubernur Sulawesi Tenggara H. Ali Mazi, Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, serta Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin.

Advertisement

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan proyek ini harus segera berjalan karena proyek ini menjadi kunci untuk membangun ekosistem kendaraan listrik. Indonesia kini memiliki smelter nikel terbesar di dunia.

"Di Halmahera ada (berkapasitas) 20.000 ton, sudah ekspor. Di Morowali 30.000 ton, di sini Pomalaa 120.000 ton, jadi kita yg terbesar di seluruh dunia," kata Luhut.

Lokasi tambang dan nikel PT Vale Indonesia di Blok Pomalaa di Kolaka, Sulawesi Tenggara, pada Minggu (27/11/2022).
Lokasi tambang dan nikel PT Vale Indonesia di Blok Pomalaa di Kolaka, Sulawesi Tenggara, pada Minggu (27/11/2022). (Katadata/Happy Fajrian)

Dia juga menegaskan akan mengawal beberapa perizinan yang belum selesai untuk proyek ini. "Masalah izin-izin, Amdal yang kelamaan, itu akan segera kita selesaikan. Jadi tidak ada ceritanya proyek terlambat karena prosedur," ujarnya.

Presiden Direktur Vale, Febriany Eddy, mengatakan bahwa dimulainya proyek ini menjadi hari bersejarah tidak hanya untuk perusahaan, tapi juga Indonesia dan dunia, karena menandakan dimulainya proses transformasi energi di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Happy Fajrian
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement