Calon Panglima TNI Yudo Margono Bakal Prioritaskan Akselerasi Prajurit

Ade Rosman
13 Desember 2022, 12:47
TNI, Yudo Margono
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.
Calon Panglima TNI sekaligus Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono saat bersiap mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jumat (2/12/2022).

Rapat Paripurna DPR mensahkan pengangkatan Laksamana Yudo Margono menjadi Panglima TNI. Selanjutnya Presiden Joko Widodo bakal melantik Yudo menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun pada akhir Desember.

Yudo mengatakan setelah nanti dilantik oleh Presiden, dia akan memprioritaskan empat program. Pertama, akselerasi SDM menjadi lebih profesional. Dia menganggap akselerasi korps TNI mulai dari prajurit hingga pimpinan sebagai langkah utama dalam meningkatkan kinerja TNI.

"Dalam meningkatkan TNI dimulai dengan SDM yang profesional. Karena tanpa itu semua, akan sulit mewujudkan (program kerja)," kata Yudo di kompleks parlemen, Selasa (13/12).

Kedua, percepatan operasional, serta melaksanakan tugas Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan), yang merupakan efektivitas kodam dalam melaksanakan tugas yang telah dibagi wilayah 1, 2, dan 3.

"Nanti akan kita berdayakan untuk mengendalikan operasi meupun melaksanakan latihan-latihan. Artinya, tugas tanggung jawa teringgi penuh adalah Panglima. Tapi, pendelegasian wewenang pelaksanaan sehari-hari oleh Pangkogabwilhan, yang sifatnya operasi gabungan," kata Yudo.

Ketiga, memprioritaskan daerah-daerah dengan tingkat kerawanan tinggi. "Mulai dari Natuna, Papua, Aceh dan sebagainya," katanya.

Keempat, menjaga netralitas TNI terutama di masa menjelang Pemilu 2024. "Kalau itu sudah tidak perlu ditanyakan. Sejak dulu TNI pasti netral," katanya.

Sebelumnya, Yudo Margono pernah juga masuk bursa calon panglima. Ia pernah menjadi kandidat Panglima TNI pada akhir 2021 lalu untuk mengisi posisi Hadi Tjahjanto. Namun saat itu, Andika Perkasa yang terpilih menjadi Panglima. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...