Elon Musk Tuai Kritik Usai Tutup Akun Twitter 6 Jurnalis Media Amerika

Yuliawati
Oleh Yuliawati
16 Desember 2022, 18:08
Elon Musk, Twitter
123rf
Elon Musk menutup sementara beberapa akun termasuk milik beberapa jurnalis.

Twitter menutup sementara (suspen) akun milik beberapa jurnalis dari media asal Amerika usai mereka mengkritik kebijakan terbaru Elon Musk. Elon, pemilik baru Twitter, menyatakan alasan menutup sementara akun-akun tersebut karena mereka melanggar aturan terbaru media sosial tersebut.

Elon Musk menjelaskan alasan menutup akun enam jurnalis karena mereka melanggar aturan doxxing. "Aturan doxxing yang sama berlaku untuk 'jurnalis' seperti untuk orang lain," cuit Elon, Jumat (16/12). Doxxing merupakan aturan Twitter yang melarang berbagi informasi pribadi.

Berdasarkan laporan NBC News, terdapat enam jurnalis asal media terkemuka di Amerika yang akunnya disuspensi, yakni Ryan Mac dari The New York Times, Donie O'Sullivan (CNN), Drew Harwell (The Washington Post), Matt Binder (Mashable), Micah Lee (The Intercept), Steve Herman (Voice of America) .  Selain itu, Twitter juga mensuspensi akun milik tiga jurnalis independen yakni Aaron Rupar, Keith Olbermann dan Tony Webster.

Elon membuat kebijakan larangan doxxing setelah akun @elonjet memuat informasi pelacakan jet pribadi keluarganya secara real time menggunakan data yang tersedia di domain publik. Akun tersebut kemudian ditutup pada Rabu (14/12). Pada profil akun tersebut terdapat keterangan: "Twitter menangguhkan akun yang melanggar peraturan Twitter."

Elon sempat mengancam tindakan hukum terhadap operator akun tersebut, karena dianggap membahayakan keluarganya. "Mengkritik saya sepanjang hari tidak apa-apa, tetapi saya tidak diam saja bila membahayakan keluarga saya," cuit Musk pada Kamis.

Enam jurnalis ini kemudian mereka memberitakan atau membagikan kabar tindakan suspensi terhadap @elonjet. Elon membuat pernyataan setengah dari akun yang disuspensi memposting tautan ke pelacak jet yang melanggar kebijakan doxxing yang baru. Tujuannya untuk menunjukkan aturan doxxing tersebut tidak main-main.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...