Resesi Ekonomi 2023 Diramal Buat Konsumen Enggan Melirik Mobil Listrik

Yuliawati
Oleh Yuliawati
20 Desember 2022, 14:12
mobil listrik, subsidi mobil listrik
ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song
Mobil Tesla Model-3 buatan China terlihat dalam acara pengiriman di pabriknya di Shanghai, China, Selasa (7/1/2020).

Ramalan resesi ekonomi tahun depan diperkirakan akan menghambat adopsi kendaraan listrik secara global. Lembaga konsultan AutoForecast Solutions (AFS), memperkirakan penjualan kendaraan listrik kemungkinan tidak akan meningkat dalam kurva yang mulus dan menanjak.

"Perlambatan ekonomi juga mengancam permintaan kendaraan secara keseluruhan di Eropa dan Cina," kata Presiden AFS Joe McCabe, dikutip dari Reuters, Selasa (20/12).

Advertisement

Eropa dan Cina beberapa tahun belakangan menggenjot penggunaan kendaraan listrik. Cina merupakan negara yang pertumbuhan kendaraan listriknya paling melesat di dunia. Kendaraan listrik baterai di Cina menguasai sekitar 21% pasar.

Adapun kendaraan listrik di Eropa menyumbang sekitar 12% dari total penjualan kendaraan penumpang. Namun di Amerika Serikat, pangsa pasar EV hanya sekitar 6%.

AFS juga mencatat penghalang adopsi kendaraan listrik yakni kelangkaan infrastruktur pengisian cepat publik. Tahun depan diperkirakan juga akan ada peningkatan biaya baterai EV, karena kekurangan bahan utama. Di samping itu terdapat ketidakpastian subsidi pemerintah yang telah mendukung pembelian EV di pasar utama, termasuk Amerika Serikat, Cina dan Eropa.

Reuters mencatat industri otomotif menggelontorkan lebih dari US$ 1 triliun untuk mengubah adopsi penggunaan kendaraan mesin bahan bakar menjadi kendaraan listrik. Dari Detroit hingga Shanghai, para pembuat mobil dan pemerintah mendorong penggunaan transportasi yang lebih bersih dan lebih aman.

Negara-negara Eropa dan California telah menetapkan 2035 sebagai batas waktu untuk mengakhiri penjualan kendaraan baru yang berbahan bakar fosil.

Berbagai Hambatan Kendaraan Listrik

Motor Intelligence mencatat pertumbuhan kendaraan listrik pada sebelas bulan 2022 di Amerika sebanyak 724.000. Jumlah ini hampir dua kali lipat dari penjualan 2019 sebanyak 326.000 kendaraan listrik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement