Harga Minyak Mentah RI Turun 12,6% Dipicu Kekhawatiran Ekonomi Global

Muhamad Fajar Riyandanu
4 Januari 2023, 15:39
harga minyak
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Ilustrasi anjungan minyak dan gas.

Kementerian ESDM menetapkan harga rata-rata minyak mentah Indonesia atau Indonesian Crude Price (ICP) Desember 2022 senilai US$ 76,66 per barel. Angka ini turun 12,38% atau US$ 10,84 per barel dari harga US$87,50 per barel yang ditetapkan pada November 2022.

Penentuan harga ICP Desember 2022 ditetapkan dalam Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 2.K/MG.03/DJM/2023 tentang Harga Minyak Mentah Indonesia Bulan Desember 2022 yang disahkan pada 2 Januari 2023.

Advertisement

Dikutip dari Executive Summary (Exsum) Tim Harga Minyak Indonesia, terdapat beberapa faktor yang memengaruhi penurunan harga minyak mentah internasional. Terutama, kekhawatiran pasar atas kondisi ekonomi global yang diindikasikan oleh kebijakan bank sentral Amerika Serikat Federal Reserve yang terus menaikkan suku bunga guna mengatasi inflasi.

Kekhawatiran pasar juga makin getir ketika Bank Sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) memutuskan untuk meningkatkan suku bunga di pertengahan Desember 2022.

Penurunan harga minyak juga disebabkan dari pasokan minyak mentah dunia yang relatif tak menentu. OPEC+ memutuskan untuk mempertahankan kuota pemotongan produksi minyak mentah akibat ketidakpastian pasokan minyak mentah dari Rusia. Langkah ini di luar ekspektasi pasar yang mengharapkan peningkatan pemotongan produksi dari OPEC+.

Berdasarkan laporan International Energy Agency (IEA) pada Desember 2022, pasokan minyak mentah Non OPEC naik sebesar 420 ribu barel per hari di kuartal IV 2022 dibandingkan kuartal sebelumnya.

Berdasarkan laporan OPEC pada Desember 2022, terdapat revisi penurunan proyeksi permintaan minyak mentah dunia sebesar 0,01 juta barel per hari menjadi 99,56 juta barel per hari dibandingkan proyeksi pada bulan sebelumnya.

IHS Markit dalam Laporan Desember 2022 menyampaikan permintaan minyak mentah dunia pada Desember 2022 turun sebesar 600 ribu barel per hari menjadi 99,8 juta barel per hari dibandingkan bulan sebelumnya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement