Bahlil Genjot Perbaikan Aplikasi OSS Demi Dongkrak Investasi

Andi M. Arief
11 Januari 2023, 19:57
investasi, OSS, Bahlil
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kanan) berbincang dengan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (kiri) sebelum mengikuti rapat kerja dengan Komisi XI DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Pemerintah membenahi aplikasi Online Single Submission atau OSS untuk mengejar target investasi senilai Rp 1.400 triliun pada tahun ini. Salah satunya, pemerintah akan fokus dalam memperbaiki sistem izin lokasi pada OSS.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengatakan mayoritas perusahaan besar masih terkendala dalam mengurus izin lokasi. Bahlil sudah berkoordinasi dengan Kemenko Marves dan Perekonomian untuk memperproses persoalan itu.

Advertisement

"Ini yang akan kami lakukan dalam kurun waktu 3-4 bulan agar proses pengurusan izin lokasi bisa kami segera lakukan, termasuk Amdal," kata Bahlil di Kantor Presiden, Rabu (11/1).

Bahlil menyebut beberapa perusahaan kesulitan mengatasi Rencana Detail Tata Ruang atau RDTR maupun Rencana Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup atau RKPPL.

Bahlil menyampaikan pemerintah optimistis target investasi 2023 dapat tercapai. Pertimbangannya, beberapa laporan dari lembaga keuangan dunia cenderung positif terkait perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, Bahlil menilai kunci pencapaian target investasi tahun ini adalah stabilitas perekonomian nasional.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement