Mal Sepi di Depok, Minim Pengunjung Sejak Awal Pandemi

Nadya Zahira
17 Januari 2023, 11:57
mal sepi, depok
Katadata/Nadya Zahira
Banyak toko dan kios tutup di ITC Depok, Jawa Barat, Senin (16/1/2023).

Kondisi mal sepi bukan hanya fenomena yang terjadi di Jakarta. Beberapa pusat perbelanjaan di Depok, Jawa Barat, pun minim pengunjung.

Salah satu mal yang sepi yakni Mall International Trade Center atau ITC Depok yang terletak di Jalan Margonda. Pusat perbelanjaan di lokasi yang strategis dekat stasiun dan berada di jalan utama ini sangat populer pada 2010-an. Berbagai aneka ragam produk tersedia mulai dari busana, alat elektronik, hingga berbagai macam kuliner.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id pada Minggu (15/1) dan Senin (16/1) tampak beberapa toko atau kios tutup. Terutama di lantai tiga yang menjual alat-alat elektronik.

Toko yang buka di lantai tiga hanya di lokasi lalu lintas pengunjung seperti dekat eskalator dan lift. Di bagian belakang lantai 3, hampir semua toko dan kios tutup. Bahkan, sebagian lampu di lorong toko sudah dimatikan saat Katadata.co.id berkunjung pada Senin kemarin.

Dari bangunan berlantai lima itu, yang masih terlihat dikunjungi pengunjung di bagian UG (underground). Tak tampak toko yang tutup di lantai khusus penjualan produk baju dan sepatu. Meskipun jumlah pengunjung bisa dihitung dengan jari.

Selain ITC, pusat perbelanjaan dan mal yang sepi di Depok yakni Depok Town Square atau DeTos. Mal yang berseberangan dengan Margo City ini sepi pengunjung. Bahkan di lantai dua DeTos banyak toko yang tutup.

Mal sepi di Depok lainnya yakni Transmart di Jalan Dewi Sartika dan Pesona Square di Jalan Ir. Juanda. Transmart minim pengunjung sejak aksesnya terganggu pembangunan underpass Jalan Dewi Sartika sepanjang 470 meter.

Mal Sepi Sejak Awal Pandemi

ITC Depok pernah sangat populer di Depok. Seorang karyawan toko baju pria di ITC, Syifa Khairunnisa, mengatakan sebelum pandemi setiap akhir pekan dan hari kerja ITC selalu ramai dikunjungi konsumen. "Banyak yang membeli di sini karena harganya terjangkau, pilihannya juga banyak," kata Syifa. saat ditemui di ITC Depok, pada Senin (16/1).

Ketika itu rata-rata omset di tokonya mencapai Rp 3 juta per minggu atau sekitar Rp 500 ribu per hari.

Namun, sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM di awal pandemi Covid-19, mal mendadak sepi. Pada awal pandemi, pemerintah daerah Depok sempat menerapkan kebijakan menutup mal selama satu bulan.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...