Raksasa Migas Italia Direstui Garap Lapangan Merakes Senilai Rp 51 T

Muhamad Fajar Riyandanu
18 Januari 2023, 14:07
italia. migas
123RF.com/sergeiminsk
Ilustrasi lifting migas

Pemerintah menyetujui revisi rencana pengembangan (PoD) pertama Lapangan Merakes dan Merakes East yang dikelola oleh ENI East Sepinggan Ltd. ENI, raksasa minyak dan gas asal Italia, merevisi PoD karena tambahan cadangan migas dan sharing facility dari dua lapangan tersebut.

Menteri ESDM memberikan persetujuan pada 27 Desember 2022 atas rekomendasi yang diberikan SKK Migas. Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, menyebut pengembangan lapangan Merakes dan Merakes East itu akan memberikan tambahan cadangan minyak dan gas. Terutama dalam menjamin pasokan ke East Kalimantan System sehingga kilang LNG Bontang dapat beroperasi lebih optimal.

“Kami menyambut baik persetujuan PoD I Lapangan Merakes dan Merakes East," kata Dwi dalam siaran pers, dikutip pada Rabu (18/1).

Perkiraan biaya yang diperlukan untuk pengembangan Lapangan Merakes dan Merakes East adalah sebesar US$3,35 miliar atau sekira Rp 50,86 triliun. Besaran tersebut terdiri dari biaya investasi atau capital expenditure (Capex) sebesar US$2,14 milyar dan operation expenditure (Opex) sebesar US$1,26 milyar.

Dwi menyampaikan bahwa SKK Migas akan terus mendorong eksplorasi dan mempercepat pengembangan lapangan migas di Kalimantan Timur. Apalagi wilayah Kalimantan Timur memiliki peranan yang strategis sekaligus menjaga kecukupan energi termasuk di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang merupakan Ibu Kota Negara masa depan.

“Mengingat lokasinya yang strategis sebagai Ibu Kota di masa mendatang, maka potensi hulu migas di Kalimantan Timur akan terus dikembangkan sehingga dapat memberikan dukungan bagi penyediaan energi di wilayah tersebut," ujar Dwi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...