Jokowi Cek Penggunaan QRIS Saat Kunjungi Pasar Minahasa

Andi M. Arief
19 Januari 2023, 13:20
Jokowi cek QRIS
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.
Presiden Joko Widodo (kiri) berdialog dengan para pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Senin (2/1/2023).

Presiden Joko Widodo mengunjungi pasar tradisional Airmadidi, di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Dalam kesempatan itu, Jokowi mengecek penggunaan Quick Response Code Indonesia Standard atau QRIS.

Jokowi mengecek penggunaan QRIS dengan bertanya kepada salah satu pedagang. "Saya kemudian jawab, sudah bisa berbayar pakai QRIS," kata pedagang tersebut, Lisa Moningka, Kamis (19/1).

Presiden menjalani kunjungan kerja di Sulawesi Utara, mulai 18-20 Januari 2023. Selain mengunjungi pasar Airmadidi di Minahasa Utara, dia juga meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara.

Jokowi meluncurkan QRIS antarnegara pada 29 Agustus tahun lalu. Ketika itu Jokowi memamerkan kerja sama QRIS lintas negara tersebut menunjukkan bahwa Indonesia "tidak ketinggalan amat".

Ia meminta BI untuk melanjutkan perluasan koneksi QRIS antarnegara. Hal ini untuk mempermudah UMKM maupun pelaku pariwisata lokal untuk bertransaksi dengan penduduk mancanegara.

Jokowi juga berharap, QRIS menjadi platform aplikasi yang digunakan oleh banyak orang. "Jadi kita tidak hanya menjadi pasar," katanya. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...