Jokowi Prioritaskan Hilirisasi Tembaga cs untuk Tarik Investasi

Muhamad Fajar Riyandanu
26 Januari 2023, 16:33
Jokowi, hilirisasi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.
Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan proyek hilirisasi sumber daya alam (SDA) bakal menjadi kebijakan prioritas untuk menarik investasi. Terutama pada pengembangan energi baru dan terbarukan serta penciptaan ekosistem kendaraan listrik.

"Hilirisasi SDA merupakan salah satu prioritas investasi kita untuk menyambut ekonomi baru masa depan," kata Jokowi dalam sambutannya di agenda Saratoga Invesment Summit 2023 pada Kamis (26/1).

Dia menilai menjaring investasi merupakan salah satu alternatif untuk mempercepat transisi ke energi bersih sekaligus meningkatkan nilai tambah pada komoditas mineral lewat kebijakan penyetopan ekspor barang mentah seperti nikel, bauksit, hingga tembaga dan timah.

Program hilirisasi mineral dipercaya bisa meningkatkan ekonomi domestik lewat penciptaan industri dalam negeri hingga penyerapan tenaga kerja.

"Kita punya banyak potensi yang belum tergarap secara optimal, kita punya banyak peluang untuk tumbuh lebih kuat dengan meletakkan pondasi sebagai daya tarik invetsasi," ujar Jokowi.

"Kita tidak akan pernah goyah oleh tekanan, kita telah menghentikan ekspor barang mentah seperti nikel bauksit dan nanti timah tembaga dan lain-lain."

Lebih lanjut, kata Jokowi, pembangunan infrastruktur yang masif dilakukan oleh pemerintah dalam beberapa tahun terakhir berdampak positif pada minat investor kepada daerah-daerah di luar Pulau Jawa. "Daerah-daerah luar Pulau Jawa semakin menarik sebagai tujuan investasi," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...