Kesulitan BBM Buat Ribuan Kendaraan Listrik Beredar di Agats Papua

Nadya Zahira
27 Januari 2023, 12:44
kendaraan listrik
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo berboncengan dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menggunakan motor listrik menyapa warga Asmat saat kunjungan kerja di Kampung Kaye, Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua, Kamis (12/4).

Ribuan kendaraan listrik atau electric vehicle beredar di Kota Agats Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan. Warga Agats menggunakan kendaraan listrik sejak 2007 karena kesulitan mendapatkan bahan bakar minyak atau BBM.

“Warga kota Agats memilih kendaraan listrik kendaraan listrik untuk bermobilitas. Keterbatasan mendapatkan BBM salah satu kendala pada waktu itu,” ujar Pakar Transportasi yang juga Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata Djoko Setijowarno, kepada Katadata.co.id, Jumat (26/1).

Kendaraan listrik di kota tersebut tumbuh pesat. Berdasarkan Data Dinas Perhubungan Kabupaten Asmat, hingga November 2018 tercatat 3.154 kendaraan listrik. Dari jumlah tersebut, sebanyak 3.067 unit motor listrik.

Adapun, kata Djoko, jumlah motor listrik di Agats saja sekitar 1.280 unit. Kemudian pada tahun ini, diperkirakan jumlahnya lebih dari 4.000 unit kendaraan listrik.

Dia mengatakan kendaraan listrik biasa digunakan para penduduk. Adapun petugas kepolisian dan pemerintah menggunakan kendaraan yang menggunakan BBM.

“Motor dengan BBM atau Bahan Bakar Minyak biasanya hanya digunakan oleh pihak kepolisian, sedangkan kendaraan berupa mobil hanya dipakai oleh rumah sakit dalam bentuk ambulans atau mobil pemerintah,” ujar Djoko.

Menariknya, motor listrik di distrik tersebut dikategorikan sebagai sepeda. Penggunaan plat nomor hanya penanda sebagai pengganti stiker retribusi, sehingga para pemiliknya tidak memiliki STNK atau SIM dan tidak dikenakan pajak kendaraan.

Selain itu, dia menuturkan kota Agats adalah kota tanpa lampu pengatur lalu lintas (traffic light), sangat minim kecelakaan lalu lintas, dan tidak ditemukan Polisi Lalu Lintas berada di tepi jalan. Bahkan tidak ada Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum atau SPBU dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU, meskipun mayoritas menggunakan motor listrik.

Djoko menilai seharusnya pemerintah pusat memberikan penghargaan kepada bagi Kabupaten Asmat. Penduduknya memilih menggunakan kendaraan listrik di saat kesulitan mendapatkan BBM.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...