Cina Ancam Balas Amerika yang Tembak Balon Terbang Diduga Mata-Mata

Yuliawati
Oleh Yuliawati
6 Februari 2023, 17:43
cina, balon mata-mata
Budastock/123rf
Ilustrasi ketegangan Amerika dan Cina.

Cina mengancam akan membalas Amerika Serikat yang menembak jatuh balon terbang di wilayah Amerika Latin. Amerika menembak jatuh balon tersebut karena menuding sebagai tindakan mata-mata.

“AS menggunakan kekuatan untuk menyerang pesawat tak berawak sipil kami, yang jelas merupakan reaksi berlebihan. Kami menyatakan protes serius terhadap tindakan pihak AS ini,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan China Tan Kefei dikutip dari CNN, Senin (6/2).

Cina mengancam Amerika bakal membalas tindakan tersebut. "(Kami) berhak menggunakan cara yang diperlukan untuk menghadapi situasi serupa," kata Kefei.

Kementerian Luar Negeri Cina menuduh Amerika "bereaksi berlebihan" dan "secara serius melanggar praktik internasional", setelah jet tempur militer AS pada hari Sabtu menembak jatuh balon di atas Samudra Atlantik dalam misi yang dipuji oleh Presiden Joe Biden sebagai keberhasilan.

Amerika Serikat percaya bahwa balon itu terlibat dalam spionase atau tindakan mata-mata. Cina membantah tudingan tersebut dengan mengatakan balon tersebut merupakan kapal penelitian sipil yang terbang keluar jalur.

“Pihak Cina telah berulang kali memberi tahu pihak AS setelah verifikasi bahwa pesawat itu untuk penggunaan sipil dan memasuki AS karena force majeure – itu benar-benar kecelakaan,” kata pernyataan Kementerian Luar Negeri Cina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...