Skywalk Kebayoran Lama Berbayar, Proyek Peninggalan Anies Tuai Protes

Yuliawati
Oleh Yuliawati
9 Februari 2023, 13:02
Skywalk Kebayoran Lama
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/tom.
Commuter Line melintas di bawah jembatan penyeberangan orang (JPO) atau "Skywalk" di Kebayoran Lama, Jakarta, Jumat (13/1/2023).

Fasilitas Skywalk Kebayoran Lama di Jakarta Selatan menuai perdebatan karena para penggunanya wajib membayar. Proyek Skywalk Kebayoran Lama yang digagas di masa Gubernur Jakarta Anies Baswedan ini, diresmikan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi pada akhir Januari lalu.

Skywalk itu menghubungkan tiga jalur transportasi yakni Koridor 13 di Halte Velbak, Koridor Delapan yakni Halte Pasar Kebayoran Lama dan Stasiun KAI Kebayoran.

Fasilitas penghubung itu dibangun mulai Maret-November 2022 yang menelan anggaran Rp52 miliar bersumber dari APBD 2022.

Dinas Bina Marga DKI Jakarta menjelaskan skywalk Kebayoran memang bukan merupakan jalur umum atau jembatan penyeberangan orang (JPO), sehingga untuk mengaksesnya perlu menggunakan kartu elektronik.

“Bukan sebagai jembatan penyeberangan orang umum, jadi harus pakai kartu,” kata Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Tiap pengguna dikenakan biaya sebesar Rp3.500 khusus untuk jalur ke Halte TransJakarta atau Stasiun KAI Kebayoran. “Jadi memang itu skywalk untuk memudahkan penumpang ke tiga moda transportasi,” kata Hari.

UJI COBA SKYWALK KEBAYORAN LAMA
Skywalk Kebayoran Lama. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.)

Pemprov Jakarta Bakal Bangun JPO di Sebelah Skywalk

Dinas Bina Marga DKI Jakarta merancang pembangunaan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di dekat Skywalk Kebayoran Lama. Tujuannya untuk mengakomodir masyarakat umum tanpa perlu membayar.

"JPO dibangun tahun ini di sekitar skywalk," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa.

JPO bakal dibangun di dekat Halte TransJakarta Pasar Kebayoran Lama Koridor Delapan yang berjarak sekitar 180 meter dari Skywalk Kebayoran Lama.

Namun, Hari belum memberikan rincian waktu pembangunan JPO termasuk alokasi anggaran untuk pembangunan fasilitas tambahan itu.

Ia hanya menjelaskan JPO itu nantinya diperuntukkan bagi masyarakat yang melintas, tidak untuk menumpangi angkutan umum.

Dia menjelaskan, JPO sepanjang 450 meter itu tidak seperti JPO Phinisi yang gratis atau masyarakat bebas melintasinya.

PEMBUKAAN JEMBATAN LAYANG PENYEBERANGAN ORANG
Pembukaan Skywalk Kebayoran Lama. (ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/tom.)

Skywalk Kebayoran Berbayar Tanpa Sosialisasi

Masyarakat wajib membayar Rp 3.500 saat menggunakan skywalk yang menghubungan Stasiun KAI Kebayoran Lama melalui Halte TransJakarta Koridor Delapan.

Namun, pengenaan biaya tersebut tidak disosialisasikan luas kepada masyarakat meski saat peresmian pada Jumat (27/1).

Para pengguna transportasi umum pun mengeluhkan ini. Salah satunya, Putri yang dikenakan biaya tanpa ada pemberitahuan.

“Hari Kamis minggu lalu belum ada gerbang pembayaran tapi mulai hari ini dikenakan biaya dan itu tanpa pemberitahuan,” kata wanita asal Depok itu.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...