Gunung Karangetang Paling Sering Erupsi, Muntahkan Magma Tiap Tahun

Yuliawati
Oleh Yuliawati
9 Februari 2023, 16:41
Gunung Karangetang
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.
Ilustrasi aktivitas gunung berapi.

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menaikkan status Gunung Karangetan di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, yang sebelumnya level II atau waspada menjadi level III atau siaga sejak Rabu (8/2). Badan Geologi mewaspadai dan memperingatkan potensi Gunung Kerangetan mengalami erupsi.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat Gunung Karangetang sebagai gunung berapi yang paling aktif di Indonesia dengan seringnya mengalami kejadian erupsi hampir setiap tahun.

PVMBG menghitung gunung berapi ini telah memuntahkan sebanyak 145 juta meter kubik magma selama dua dekade terakhir. Koordinator Gunung Api PVMBG Badan Geologi Oktory Prambada mengatakan berdasarkan volume laju erupsi jangka panjang terdapat 1.237 titik panas yang tercatat melalui citra anomali panas sejak 2000 sampai sekarang.

"Kami konversi ke dalam akumulasi volume magma itu sebanyak 145 juta meter kubik dari tahun 2000 hingga terakhir krisis pada tahun 2019, sehingga kalau kami rata-ratakan output per harinya adalah 21.000 meter kubik," ujar Oktory dalam konferensi pers yang dipantau di Jakarta, Kamis (9/2).

Adapun volume laju erupsi jangka pendek yang terhitung sejak 2018 sampai 2019, akumulasi volume magma yang dikeluarkan selama satu tahun adalah sebesar 7 juta meter kubik.

Oktory menerangkan bahwa volume laju erupsi jangka pendek (2018-2019) merupakan akumulatif magma cukup besar di Gunung Karangetang.

"Apakah ini bisa terjadi lagi di tahun ini? Memungkinkan karena dalam sejarahnya lonjakan-lonjakan akumulasi volume ini juga terjadi pada tahun 2007, 2011, dan terakhir pada 2019," kata dia.

Bahaya Erupsi Gunung Karangetang

Lokasi pusat erupsi Gunung Karangetang hanya berjarak empat kilometer dengan batas pantai. DI area pantai itu menjadi tempat pemukiman penduduk.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...