Alasan Relawan Jokowi Mania Beralih dari Ganjar dan Dukung Prabowo

Andi M. Arief
16 Februari 2023, 20:00
Prabowo,
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ketiga kanan) didampingi Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (keempat kanan), Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (kanan) dan jajaran pengurus Partai Gerindra memotong tumpeng saat meresmikan Kantor Badan Pemenangan Presiden Partai Gerindra di Jakarta, Sabtu (7/1/2023).

Relawan Jokowi Mania bakal mendeklarasikan Prabowo Mania 08 untuk mendukung Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. Dukungan kepada Prabowo ini setelah mereka mencabut dukungannya kepada Ganjar Pranowo.

Ketua Umum Jokowi Mania sekaligus Ketua Umum Prabowo Mania atau PM 08 Immanuel Ebenezer menyatakan dukungannya kepada Prabowo tidak diputuskan secara instan. Meskipun, pembentukan PM 08 terjadi tidak lama setelah Ganjar Pranowo atau GP Mania dibubarkan.

Immanuel mengatakan pembentukan PM 08 dibahas dalam perkumpulannya sejak lima bulan lalu. "Pembentukan PM 08 ini lama sekali prosesnya, memang momentumnya baru sekarang," kata Immanuel di teras kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Kamis (16/2).

Anggota pendukung PM 08 dan GP Mania berasal dari satu perkumpulan yang sama yakni relawan Jokowi Manua atau JoMan. Immanuel menjelaskan hubungan antara Relawan JoMan dan PM 08 serupa dengan hubungan antara induk holding dan anak holding.

Immanuel menekankan kelompoknya konsisten dalam memberikan dukungan politik pada seorang tokoh untuk maju dalam Pemilihan Umum atau Pemilu. Immanuel mencontohkan konsistensi dukungan Relawan JoMan yang berlangsung pada Pemilu 2014 dan Pemilu 2019.

Dia menjelaskan alasan pembubaran GP Mania adalah belum ada kejelasan apakah Ganjar akan maju di Pilpres 2024. Bila Prabowo dan Ganjar dalam satu tiket di Pilpres 2024, mereka akan mendukungnya. "Kalau itu terjadi, Prabowo-Ganjar, sangat kami dukung," kata Immanuel.

Prabowo Terkejut Terima Puluhan Orang Buka Baju

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menerima relawan Prabowo Mania atau PM 08 di kediamannya sore ini. Menteri Pertahanan itu menyatakan terkejut saat menerima puluhan orang berkemeja putih di rumahnya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...