Anggaran Dua Kementerian Dipotong Buat Danai Insentif Motor Listrik

Muhamad Fajar Riyandanu
17 Februari 2023, 18:16
subsidi motor listrik
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Siswa SMK melakukan perawatan motor berbahan bakar minyak yang telah dikonversikan ke listrik di SMKN 8 Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/2/2023).

Pemerintah bakal segera merealisasikan insentif motor listrik sebesar Rp 7 juta per unit. Sumber dana insentif atau subsidi tersebut berasal dari anggaran Kementerian Perindustrian dan Kementerian ESDM.

Insentif pembelian motor listrik baru akan ditanggung oleh Kemenperin sedangkan insentif konversi motor berbahan bakar bensin menjadi motor listrik akan disalurkan oleh Kementerian ESDM. "Alokasi untuk yang konversi di Kementerian ESDM, sedangkan yang baru ke Kemenperin. Rencananya demikian," ujar Menteri ESDM Arifin Tasrif pada Jumat (17/2).

Arifin mengatakan payung hukum yang mengatur penyaluran insentif motor listrik tinggal menunggu pengesahan. Pemerintah sudah rampung membahas nilai insentif hingga kriteria kendaraan yang berhak menerimanya stimulus tersebut.

"Semua perangkatnya sudah disiapkan, nilainya sudah jelas dan sudah ada patokannya, tinggal disahkan kapan mulainya," kata Arifin.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut besaran insentif untuk pembelian motor listrik baru dan konversi motor listrik berkisar Rp 7 juta per unit.

“Ada dua, satu yang convert dari motor biasa menjadi motor listrik, satu lagi yang motor listrik murni. Sudah ada angkanya kira-kira Rp 7 juta, tepatnya nanti akan diumumkan resmi," kata Luhut dalam Saratoga Investment Summit 2023 di Hotel Fairmont, Jakarta, Kamis (26/1).

Pemerintah juga telah menerapkan kriteria motor yang berhak mendapat subsidi untuk konversi. Plt. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, mengatakan penetapan kriteria penerima subsidi mengacu pada jenis sepeda motor yang paling banyak melintas di jalan raya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...