Paloh dan AHY Bertemu Besok, Bahas Koalisi hingga Isu Penundaan Pemilu

Ade Rosman
21 Februari 2023, 19:50
Surya Paloh, AHY
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyampaikan pidato politiknya dalam Perayaan HUT ke-11 Partai NasDem di Jakarta, Jumat (11/11/2022).

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh akan bertemu dengan ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Partai Demokrat Rabu (22/2).

Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan kedua pimpinan parpol tersebut akan membahas pembentukan Sekretariat Perubahan, persiapan penandatanganan nota kesepakatan, serta deklarasi koalisi.

"Rencananya, Bapak Surya Paloh beserta rombongan akan tiba di kantor DPP Partai Demokrat sekitar pukul 10.00 WIB," kata Herzaky dalam keterangan resmi, Selasa (21/2).

Ia mengatakan, selain didampingi dirinya, rencananya AHY juga akan ditemani Sekjen Teuku Riefky, Bendahara Renville Antonio, Waketum Benny K Harman, Wasekjen Renanda Bachtar, Ka BPOKK Herman Khaeron, serta Ka Bappilu Andi Arief, saat menyambut Paloh beserta jajarannya.

Selain itu, kata Herzaky, pertemuan tersebut juga akan membahas judicial review sistem pemilu proporsional terbuka, serta isu upaya penundaan pemilu.

Kedua parpol tersebut bersama PKS saling menjajaki membentuk Koalisi Perubahan. Namun, hingga kini belum ada deklarasi resmi bergabungnya ketiga parpol tersebut meski telah sama-sama menyatakan dukungan terhadap Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024.

Sebelumnya Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto menyatakan piagam koalisi di antara tiga parpol pendukung Anies tersebut telah rampung dibahas, dan tinggal menunggu momentum untuk deklarasi.

"Sudah (dibahas) semua, itukan fungsinya tim kecil. Kami yang menyiapkan, tinggal kami cari momentum hari, bulan, tanggal yang baik saja," kata Sugeng, di Nasdem Tower, Jumat (3/2).

Menurut Sugeng, tim kecil di koalisi perubahan juga masih mengukur strategi apakah deklarasi koalisi akan berbarengan dengan pengumuman resmi bakal capres-cawapres atau tidak. Selain itu koalisi juga masih mengukur lawan tanding dari partai lain yang akan maju pada pilpres.

Reporter: Ade Rosman
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...