Sebelum Jokowi Lengser, Rumah Menteri dan Rusun ASN Dibangun di IKN

Andi M. Arief
23 Februari 2023, 16:46
IKN Nusantara
ikn.go.id
Ilustrasi rencana pembangunan gedung pemerintahan IKN Nusantara.

Pemerintah mulai membangun kontruksi rumah dinas para menteri dan rumah susun untuk para Aparatur Sipil Negara atau ASN di kawasan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara , mulai tahun ini. Pembangunan rumah ini ditargetkan selesai Juni 2024 atau sebelum terbentuknya pemerintahan baru menggantikan kabinet Presiden Jokowi.

Pemerintah bakal membangun 36 unit rumah menteri di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara atau KIPP IKN Nusantara mencapai 36 unit. Presiden Jokowi mengatakan perkembangan konstruksi rumah para menteri saat ini mencapai sekitar 14%.

Rumah para menteri ditargetkan rampung pada Juni tahun depan lantaran upacara 17 Agustus 2024 bakal digelar di IKN Nusantara. "Saya hanya ingin menyampaikan sebuah optimisme bahwa Ibu Kota Nusantara ini telah dimulai pembangunannya," kata Presiden Widodo di KIPP IKN Nusantara, Kamis (23/2).

Jokowi juga mengatakan pembangunan rumah susun untuk Aparatur Sipil Negara atau ASN akan dimulai pada Juni 2022. Seperti halnya rumah para menteri, rumah susun ASN ini ditargetkan selesai pertengahan 2024.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono optimistis rusun ASN yang dibangun oleh pemerintah dapat rampung pada 2024. Anggaran negara yang dihabiskan untuk proyek tersebut mencapai Rp 9,4 triliun.

Pemerintah bakal membangun 47 menara rumah susun yang akan terdiri dari 7.757 unit rumah susun. Basuki mengatakan 47 menara tersebut harus dibangun pada semester I-2023. "Jika tidak, ASN tidak bisa mutasi ke Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara pada 2024," kata Basuki.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...