Asosiasi Dorong Mal Siapkan Strategi Bersaing dengan E-commerce

Nadya Zahira
23 Februari 2023, 18:57
mal, restoran
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pramusaji menyajikan hidangan di Lounge in The Sky, Jakarta, Selasa (29/3/2022).

Kunjungan ke mal atau pusat perbelanjaan kembali meningkat setelah pemerintah mencabut aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM. Rata-rata nasional pengunjung mal atau pusat perbelanjaan nyaris mencapai 100% pada awal 2023.

Lama kunjungan mal pun meningkat signifikan dibandingkan sebelum pandemi. "Saat ini masyarakat sudah bebas menjalankan aktivitas, masyarakat kembali leluasa untuk mengunjungi mal," kata Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia atau APPBI Alphonzus Widjaja, saat ditemui awak media dalam acara Rakernas APPBI di Jakarta, Kamis (23/2).

APPBI optimistis kunjungan ke mal dan pusat perbelanjaan akan tumbuh melonjak hingga lebih dari 100% di tahun ini. Alphonzus menyatakan, mal tidak akan ditinggalkan meski sebagian masyarakat masih gemar untuk berbelanja online di marketplace atau e-commerce.

"Pada saat pandemi memang belanja online meningkat tajam, tapi itu bukan demand sesungguhnya, karena terpaksa tidak boleh keluar rumah," ujar Alphonzus.

Dia mengatakan saat ini tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan atau mal meningkat karena masyarakat sudah merasa bosan. Selama pandemi mereka dibatasi tak bisa bepergian.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...