Angkutan Barang KAI Naik 15%, Paling Banyak Angkut Batu Bara

Nadya Zahira
24 Februari 2023, 11:53
KAI, kereta barang
Katadata | Arief Kamaludin
Kereta barang paling banyak angkut batu bara.

PT Kereta Api Indonesia atau KAI menargetkan dapat mengangkut 63 juta ton pada tahun ini atau naik 8% dibandingkan 2022. KAI juga menargetkan peningkatan kinerja angkutan barang menggunakan kereta api.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan KAI mengangkut sebanyak 58.006.880 ton barang (unaudited) pada 2022. Jumlah ini meningkat 15% dibandingkan 2021 sebanyak 50.261.778 ton barang.

“Angkutan barang KAI merupakan salah satu andalan perusahaan di saat angkutan penumpang sedang terus tumbuh secara bertahap saat kondisi pandemi melandai," ujar Joni melalui keterangan resmi, yang dikutip pada Jumat (24/2).

Komoditas yang paling banyak diangkut yakni batu bara, bertambah 7 juta ton atau naik 18% dari 38,3 juta ton menjadi 45,4 juta ton. Peningkatan juga terdapat pada angkutan peti kemas sebesar 716 ribu ton atau naik 17% dari 4,1 juta ton menjadi 4,8 juta ton. Tren positif pun terjadi pada komoditi lain seperti BBM, semen, retail, dan lainnya.

Selain itu, Joni mengatakan bahwa KAI melayani berbagai komoditi angkutan barang seperti peti kemas, batu bara, semen, BBM, CPO, pupuk, retail, dan lainnya. Angkutan barang menggunakan kereta api memiliki berbagai keunggulan seperti ketepatan q pungutan liar, dan dikelola oleh SDM yang profesional.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...