Bukan Konser Blackpink, Ini Alasan GBK Tolak Laga Persija vs Persib

Andi M. Arief
3 Maret 2023, 15:07
Suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (13/1) malam. Konser Blackpink disebut-sebut sebagai penyebab tertundanya laga Persija vs Persib.
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Suasana Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (13/1) malam.

Laga pertandingan antara Persija dan Persib disebut-sebut tertunda karena terkait dengan konser Blackpink. Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno atau PPK GBK mengatakan penundaan laga tersebut bukan karena konser Blackpink, tapi karena alasan faktor keamanan.

Direktur Utama PPK GBK Rakhmadi Afif Kusumo mengatakan panitia mendaftarkan laga Persija melawan Persib mendekati hari pertandingan. Sehingga GBK menolak pertandingan tersebut karena menilai persiapan keamanan laga tidak akan mumpuni.

"Kami bersama Kepolisian baik dari Polisi Daerah Metro Jaya dalam asesmen tidak baik kalau dipaksakan, sehingga kami tolak untuk kegiatan Persija vs Persib," kata Rakhmadi di depan Kantor Sekretariat Negara, Jumat (3/3).

Rakhmadi mengakui FIFA tidak secara eksplisit melarang kegiatan di Stadion Utama GBK atau SUGBK. Namun Rakhmadi menyampaikan akan menaati komitmen pada penyelenggara acara yang telah memesan SUGBK pada Maret 2023.

Rakhmadi mencatat acara besar terakhir yang akan terjadi di dalam SUGBK dijadwalkan pada 11-12 Maret 2023. Acara yang dimaksud adalah konser "BORN PINK World Tour" oleh grup vokal perempuan asal Korea, Blackpink.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...