Kemenperin Ajak Singapura Usut Impor Sepatu Bekas Ilegal

Nadya Zahira
9 Maret 2023, 16:28
singapura, sepatu impor ilegal
pexels
Ilustrasi sepatu bekas hasil impor ilegal.

Pemerintah sedang mengusut orang atau perusahaan yang terlibat dalam impor sepatu bekas ilegal dari Singapura. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan telah berkoordinasi dengan pemerintah Singapura dan Bea Cukai untuk mengusut kasus tersebut.

"Impor ilegal sepatu bekas itu skandal besar, makanya saya minta untuk dibongkar, dan diusut secara tuntas” ujar Agus usai menghadiri Indonesia Furniture Expo atau IFEX 2023 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (9/2).

Pemerintah berkoordinasi dengan pemerintahan Singapura karena melibatkan orang atau perusahaan asal Negeri Singa. "Pemerintah Singapura juga harus bisa membantu kami untuk membongkar itu," kata Agus.

Impor ilegal alas kaki ini perlu dihentikan karena berdampak buruh terhadap industri dalam negeri. Berdasarkan Indeks Kepercayaan Industri atau IKI, industri alas kaki masih mengalami kontraksi pada Februari 2023.

Kondisi tersebut dipengaruhi penurunan eksporakibat permintaan global yang belum juga membaik karena pengaruh inflasi. Sehingga, pasar domestik diharapkan mampu mendongkrak pembelian sepatu dari industri alas kaki di dalam negeri.

Kasus impor ilegal sepatu bekas mulai muncul setelah unggahan video dari jurnalis asing yang menyebutkan sepatu-sepatu bekas hasil sumbangan di Singapura dijual di pusat penjualan sepatu bekas di Batam dan Jakarta.

Sepatu-sepatu ini berasal dari masyarakat Singapura yang mendonasikan sepatu olahraga bekas pakai mereka melalui boks-boks donasi di tempat umum.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...