Deretan Mobil Listrik Melenggang di KTT ASEAN Labuan Bajo

Abdul Azis Said
9 Mei 2023, 17:11
Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Setya Utama (kanan) berbincang dengan President Director of BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan (kiri) usai acara serah terima mobil resmi KTT ASEAN BMW iX di Jakarta, Kamis (13/4/2023). BMW menye
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/tom.
Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Setya Utama (kanan) berbincang dengan President Director of BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan (kiri) usai acara serah terima mobil resmi KTT ASEAN BMW iX di Jakarta, Kamis (13/4/2023). BMW menyerahkan 13 kendaraan listrik premium BMW iX kepada Kemensetneg untuk digunakan oleh presiden maupun perdana menteri negara peserta KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, NTT, 9-11 Mei 2023.

Sejumlah mobil listrik lalu lalang di jalanan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Mobil listrik dengan beragam merek mengangkut sejumlah tamu negara hingga panitia Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42.

PT Pelabuhan Indonesia mencatat setidaknya ada 200 unit mobil listrik dengan beragam merek yang tiba di Labuan Bajo sepekan lalu. Ratusan kendaraan listrik itu didatangkan untuk dipakai sebagai kendaraan bagi delegasi negara anggota ASEAN hingga panitia dari Kementerian dan Lembaga.

Wuling Motors misalnya yang mengirim 50 unit mobil listrik tipe Air Ev Pristine White. Puluhan mobil tersebut parkir di pool khusus yang lokasinya di sebuah lapangan kosong di dekat hotel The Jayakarta Suites Komodo Flores, sekitar 5 KM dari lokasi utama KTT ASEAN di Hotel Meruorah. Parkiran khusus itu juga terdapat stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) untuk isi ulang daya.

Untuk pengemudinya, khusus untuk Wuling Air Ev diketahui mayoritas didatangkan dari Bali. Mereka kebanyakan pengemudi yang sebelumnya sudah dipergunakan saat KTT G20 tahun lalu.

Brand & Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani mengatakan mobilitas dari Wuling Air ev yang dipakai untuk mengangkut delegasi KTT ASEAN cukup padat. Antar jemput penumpang sudah dilakukan dari tanggal 6 Mei lalu dengan jam operasional hingga 12 jam per hari mulai pukul 08.00 pagi.

"Dari panitia banyak yang apresiasi, mengingat kondisi jalan di sini (kecil), sehingha cukup pas dan lincah, itu dibutuhkan oleh delegasi yang memang mobilitasnya cukup padat," kata Dian saat ditemui di Pool Wuling, Labuan Bajo, Selasa (9/5).

Tak hanya Wuling, beberapa kendaraan listrik lainnya yang dipakai untuk kendaraan delegasi KTT ASEAN berasal dari merk lain. Dari pemantauan, beberapa merk mobil listrik yang lalu lalang seperti BMW iX, Toyota bZ4X, dan Hyundai Ioniq.

Namun beberapa merk tersebut biasanya khusus mengangkut pejabat negara dan tamu undangan negara anggota ASEAN. Contohnya dalam iring-iringan delegasi Laos sore ini, presiden Laos diangkut menggunakan BMW iX sementara iringan lainnya menggunakan Toyota bZ4X dan Hyundai ioniq. Meski demikian tak semua iringan memakain kendaraan listrik, beberapa juga terpantau menggunaakan mobil bahan bakar minyak (BBM).

Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Yuliawati

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...