Jokowi Pimpin Mayoritas Pertemuan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo

Andi M. Arief
9 Mei 2023, 18:01
Presiden Joko Widodo meninjau Media Center KTT ASEAN 2023 Labuan Bajo di Hotel Bintang Flores (9/5/2023).
Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo meninjau Media Center KTT ASEAN 2023 Labuan Bajo di Hotel Bintang Flores (9/5/2023).

Presiden Joko Widodo akan memimpin hampir seluruh pertemuan dalam Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-42. Kepala Negara dijadwalkan memandu seluruh pertemuan pada hari pertama KTT Rabu (10/5).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Jokowi dijadwalkan memimpin satu KTT dalam format pleno dan empat pertemuan interface. Beberapa pihak yang akan tergabung dalam pertemuan interface adalah pihak pemuda, bisnis, parlemen, dan high level task-force.

"Keseluruhan acara KTT besok akan ditutup dengan acara makan malam," kata Retno dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Selasa (9/5).

Retno menambahkan Presiden Jokowi akan memimpin dua dari tiga agenda pada hari kedua KTT ASEAN ke-42 lusa, Kamis (11/5). Adapun, format KTT pada hari kedua adalah retret bersama pimpinan ASEAN dan keluarga.

Retno mencatat dua pertemuan lainnya adalah pertemuan sub-regional, yakni IMT-GT dan BIMP-EAGA. Sebagai informasi, IMT-GT adalah badan yang membahas pertumbuhan di Indonesia, Malaysia, dan Thailand, sementara itu, BIMP EAGA adalah badan yang membahas pertumbuhan pada area Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Myanmar tidak diundang secara politis menghadiri KTT Ke-42 ASEAN sejalan dengan sikap organisasi kerja sama regional itu, yang selama ini telah mengecualikan junta militer Myanmar dalam pertemuan tingkat tinggi.

Sedangkan kehadiran Thailand diwakili oleh Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Don Pramudwinai, mewakili Perdana Menteri Prayut Chan-o-Cha, lantaran Negeri Gajah Putih itu tengah bersiap melakukan pemungutan suara pemilu pada 14 Mei mendatang.

"Sore ini (Presiden) akan ada beberapa pertemuan bilateral, kemudian besok mulai KTT sampai lusa, tanggal 10-11 (Mei), diakhiri dengan jumpa pers," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong saat ditemui di Media Center KTT Ke-42 ASEAN di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo, Selasa.

Rencananya Presiden Jokowi bakal menjalani pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Vietnam Pham Minh Chinh, PM Laos Thongloun Sisoulith, PM Timor Leste Taur Matan Ruak, dan PM Malaysia Anwar Ibrahim.

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...