Pimpinan ASEAN Sepakat Memperkuat Integrasi di Kawasan

Andi M. Arief
11 Mei 2023, 17:50
Presiden Imdonesia Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Luar Negeri Retmo Marsudi (kedua kanan depan) mendengarkan pemaparan yang disampaikan salah satu kepala negara saat Retreat Session KTT ke-42 ASEAN, di Labuan Bajo, NTT, Kamis (11/5/2023).POOL/
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/hp.
Presiden Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retmo Marsudi (kedua kanan depan) mendengarkan pemaparan yang disampaikan salah satu kepala negara saat Retreat Session KTT ke-42 ASEAN, di Labuan Bajo, NTT, Kamis (11/5/2023).

Para kepala negara anggota ASEAN sepakat memperkuat kapasitas kelembagaan di kawasan regional. Mereka kembali menekankan visi ASEAN untuk menjadi komunitas yang damai, stabil, aman, tangguh, dan makmur.

Kesepakatan tersebut merupakan salah satu dari sepuluh poin yang dihasilkan selama KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Poin tersebut berasal dari rekomendasi Satuan Tugas Visi Komunitas ASEAN pasca 2025.

"Menegaskan kembali bahwa ASEAN yang diperkuat akan menambah kemampuan sebagai institusi lincah yang mampu secara efektif merespon situasi genting secara tepat waktu," seperti tertulis dalam Pernyataan Pimpinan ASEAN, Kamis (11/5).

Dalam poin tersebut setidaknya ada lima deklarasi. Pertama, meraih tujuan ASEAN Charter untuk mengkonsolidasikan proses pembangunan komunitas ASEAN.

Para negara anggota ASEAN sepakat membangun dan memperdalam proses integrasi komunitas ASEAN. Komunitas tersebut akan dibangun berbasis aturan dan masyarakat.

"Di mana masyarakat kami menikmati HAM, kemerdekaan dasar, kualitas hidup yang lebih tinggi, dan keuntungan dalam membangun komunitas," seperti tertulis dalam poin tersebut.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...