Langkah Kompak Koalisi Perubahan Usai Johnny Plate Ditahan Kejagung

Ade Rosman
19 Mei 2023, 11:28
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanani) menyambut kedatangan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) saat tiba di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Rabu (22/02/2023).
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/hp.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanani) menyambut kedatangan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) saat tiba di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Rabu (22/02/2023).

Kejaksaan Agung menahan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate setelah menetapkannya sebagai tersangka dugaan korupsi base transceiver station (BTS). Posisi Plate yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai NasDem pun sudah digeser.

Partai NasDem merupakan salah satu anggota Koalisi Perubahan untuk Perbaikan (KPP) bersama Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Ketiganya hendak memajukan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden pada Pilpres 2024.

Lantas, bagaimana nasib Koalisi Perubahan dengan terjeratnya Johnny Plate sebagai tersangka dugaan korupsi BTS?

Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, terjeratnya Johnny dalam perkara yang merugikan negara lebih dari Rp 8 triliun tersebut tidak berpengaruh pada koalisi.

“Proses ini tidak berpengaruh apa-apa terhadap koalisi perubahan. Kami tetap solid," kata Herzaky dalam keterangannya, Kamis (18/5).

Ia mengatakan, Partai Demokrat menghormati proses hukum yang tengah berjalan. Meski demikian, ia menyampaikan empati terhadap Johnny dan Partai NasDem.

"Kami berempati dan turut mendoakan bapak Johnny Plate dan Partai NasDem agar bisa segera menemukan jalan keluar yang terbaik," katanya.

Sama halnya dengan Partai Demokrat, PKS pun mengatakan terjeratnya Johnny tak berpengaruh pada koalisi. Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengatakan, dengan kondisi sekarang, KPP tetap berkomitmen untuk memenangkan Anies dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Insya Allah Koalisi Perubahan tetap solid dan tetap fokus pada proses pemenangan calon presiden Anies Baswedan," kata Syaikhu, dalam keterangannya, Kamis (18/7).

Syaikhu memuji sikap Surya Paloh yang dinilainya sebagai negarawan yang menghormati hukum. Ia meyakini, dengan sikap Paloh tersebut maka penahanan Johnny Plate tidak akan mengurangi kekuatan koalisi.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman, Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...