Nasaruddin Umar Masuk Bursa Cawapres Ganjar, Hartanya Capai Rp 37 M

Ade Rosman
22 Mei 2023, 18:12
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan), Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (kiri) dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Sumadilaga (kedua kiri) meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal d
ANTARA FOTO/Pool/Akbar Nugroho Gumay/foc.
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan), Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar (kiri) dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Sumadilaga (kedua kiri) meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Selasa (2/6/2020).

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar merupakan salah satu kandidat calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo. Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto pun mengkonfirmasi kabar Nasaruddin masuk radar cawapres.

Awalnya Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang menyebutkan kandidat cawapres pendamping Ganjar berpotensi lebih dari 10 nama, dan salah satunya Nasaruddin.

"Ya (betul), dari Mbak Puan mosok salah," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (22/5).

Hasto menjelaskan salah satu tugas yang diemban Puan di PDIP yaitu untuk melakukan komunikasi politik dengan pihak lain.

Cawapres pendamping Ganjar akan diumumkan jika telah mendapat dukungan telah terorganisir oleh partai dan relawan. Cara ini, kata Hasto, telah diterapkan sejak pilpres 2019 dan 2014.

Namun, dia tak menjabarkan kapan diumumkannya cawapres final pendamping Ganjar. "Apakah nanti akan diumumkan pada bulan Juni atau bulan Agustus, juga akan lihat seluruh persyaratan-persyaratan objektif dari seluruh partai politik juga melihat momentum dan juga dinamika politiknya yang ada," kata Hasto.

Harta Kekayaan Nasaruddin Umar

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) terakhir pada 2021, total kekayaan Nasaruddin mencapai Rp 37,2 miliar. LHKPN tersebut dilaporkan saat Nasaruddin menjabat sebagai komisaris independen PT Semen Indonesia.

Hartanya terdiri dari tanah dan bangunan, mobil, harta bergerak lainnya, serta kas dan setara kas. Nasaruddin memiliki 58 bidang bila dijumlahkan bernilai Rp 13 miliar.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...