Harga Bawang Putih Naik hingga Rp 40.000 per Kg, Ini Penyebabnya

Nadya Zahira
25 Mei 2023, 18:04
Pedagang mengupas bawang putih di kawasan Pasar Panorama, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Sabtu (15/4/2023).
ANTARA FOTO/Muhammad Izfaldi/aww.
Pedagang mengupas bawang putih di kawasan Pasar Panorama, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Sabtu (15/4/2023).

Harga bawang putih mengalami kenaikan sejak pertengahan Februari lalu hingga saat ini. Rata-rata harga bawang putih mencapai di atas Rp 40.000 per kilogram (kg) di beberapa daerah.

Analis Ketahanan Pangan Badan Pangan Nasional atau Bapanas Retno Utami mengatakan kenaikan harga bawang putih salah satunya disebabkan oleh suplai atau ketersediaan yang sangat sedikit. Sebaliknya, permintaan terus meningkat dan menyebabkan harga bawang putih melambung tinggi di pasar.

Advertisement

"Secara hukum ekonomi harga itu pasti berkorelasi dengan suplai, ketika suplai itu kurang, maka harga cenderung akan meningkat. Begitupun sebaliknya," ujar Retno dalam diskusi publik "Carut Marut Tata Niaga Impor Bawang Putih" di Jakarta, Kamis (25/5).

Retno mengatakan berdasarkan analisis dari Badan Pangan Nasional, melambungnya harga bawang putih sangat terkait dengan kondisi suplai atau ketersediaan. Sedangkan, Indonesia bukan produsen utama bawang putih.

"Jadi kenaikan ini karena suplai bawang putih di Indonesia sedikit, dan terdapat kendala pada suplai bawang putih di pasar," ujar Retno dalam diskusi publik.

Dia menyebutkan, sekitar 90-95% komoditas bawang putih berasal dari impor. Dengan begitu, ketergantungan Indonesia terhadap impor bawang putih sangat tinggi karena petani dalam negeri tidak bisa memproduksi dengan jumlah yang banyak.

"Jika supply impor terganggu, ketersediaan dalam negeri juga terganggu. Sebab Indonesia tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri," kata Retno.

Meski begitu, Retno mengatakan pihaknya sudah menyiapkan langkah untuk mengantisipasi jika terjadi kelangkaan ketersediaan bawang putih di Indonesia. Salah satunya yaitu berkoordinasi dengan Kementerian dan Lembaga terkait.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement