Mengenal KRI Bung Karno-369, Kapal Perang Buatan Anak Bangsa

Yuliawati
Oleh Yuliawati
2 Juni 2023, 09:22
Sejumlah prajurit TNI AL berjalan di samping KRI Bung Karno-369 saat Peresmian dan Pengukuhan KRI Bung Karno-369 di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/6/2023).
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Sejumlah prajurit TNI AL berjalan di samping KRI Bung Karno-369 saat Peresmian dan Pengukuhan KRI Bung Karno-369 di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/6/2023).

TNI Angkatan Laut meluncurkan KRI Bung Karno-369 bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2023. KRI Bung Karno-369 merupakan kapal perang RI jenis korvet pertama yang desainnya dibuat oleh perusahaan dalam negeri dan seluruh proses pembuatannya juga dibuat di Indonesia.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) KRI Bung Karno-369 juga mencapai 80 persen, atau hanya 20 persen komponen kapal yang didatangkan dari luar negeri.

Mulai dari desain platform hingga sistem komunikasi menggunakan banyak peralatan dalam negeri. “Ini desain dari anak bangsa sendiri langsung, ini suatu kemajuan," kata Laksamana Ali selepas acara peresmian KRI Bung Karno-369 di Jakarta, Kamis (1/6).

KRI Bung Karno-369 ini dibuat oleh PT Karimun Anugrah Sejati di Batam, Kepulauan Riau. Peluncuran kapal perang ini diresmikan oleh Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri di Dermaga Mako Kolinlamil TNI AL, Jakarta, Kamis.

Megawati, saat memberikan sambutan dalam acara peresmian, nama ayahnya, Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia Soekarno, pada kapal perang Indonesia (KRI) merupakan sebuah kebanggaan.

“Buat saya dan keluarga ini sebuah kebanggaan,” kata Megawati.

Dalam upacara peresmian kapal, Megawati hadir bersama anak-anak Bung Karno lainnya, yaitu Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri dan Mohammad Guruh Irianto Soekarnoputra. Kemudian, cucu Bung Karno, yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPR RI, Puan Maharani.

KRI Bung Karno-369 Dilengkapi Peluru Kendali

KRI Bung Karno-369 merupakan kapal perang tipe korvet yang dipergunakan salah satunya untuk kapal kepresidenan menggantikan KRI Barakuda-633 yang telah beroperasi selama 27 tahun.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...