Jokowi Targetkan Jalan Lintas Selatan Rampung Akhir 2023

Andi M. Arief
2 Juni 2023, 11:29
Foto udara Jalan Pantai Selatan (Pansela) di Kecamatan Ciandum, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022).
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/rwa.
Foto udara Jalan Pantai Selatan (Pansela) di Kecamatan Ciandum, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022).

Presiden Jokowi menargetkan jalan di jalur lintas selatan Pulau Jawa yang membentang dari Banten hingga Jawa Timur bakal rampung akhir tahun ini.  Pembangunan Jalan Pantai Selatan atau Pansela Pulau Jawa ini sepanjang 1.500 kilometer (Km).

Jalan Pansela Jawa yang masih dalam tahap konstruksi sepanjang 38 Km atau sekitar 2 persen dari total panjang Jalan Pansela Jawa.  Pembangunan Jalan Pansela Jawa masih belum rampung di dua titik, yakni sepanjang 14 Km di DI Yogyakarta dan 24 Km di Jawa Timur. "Nanti disambung semuanya," kata Presiden Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Jumat (2/6).

Advertisement

Presiden Widodo menyampaikan Jalan Pansela Jawa akan menghubungkan seluruh bagian selatan Pulau Jawa dari ujung Banten sampai Banyuwangi di Jawa Timur yang akan mempercepat logistik. "Diharapkan kecepatan jalur logistik, mobilitas orang, mobilitas barang, semuanya bisa lancar karena kita telah memiliki jalur lintas selatan," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menilai tersambungnya Jalan Pansela Jawa dapat meningkatkan daya saing industri yang ada di selatan Pulau Jawa. Pasalnya, Jalan Pansela Jawa akan mempermudah akses industri di bagian Selatan Pulau Jawa ke pasar.

Pemerintah telah mempersiapkan Jalan Pansela Jawa telah sebagai jalur alternatif pada Mudik Lebaran 2023. Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menilai kondisi jalan Pantai Selatan saat ini sudah bagus sehingga nyaman dilewati masyarakat yang mudik.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement