Megawati Bakal Beri Kejutan saat Rakernas PDIP, Umumkan Cawapres?

Yuliawati
Oleh Yuliawati
5 Juni 2023, 15:55
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kiri) bersiap menyematkan peci kepada calon Presiden 2024 yang diajukan PDI Perjuangan Ganjar Pranowo (kanan) di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).
ANTARA FOTO/Monang/mrh/YU
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kiri) bersiap menyematkan peci kepada calon Presiden 2024 yang diajukan PDI Perjuangan Ganjar Pranowo (kanan) di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).

PDI Perjuangan akan menggelar Rapat Kerja Nasional atau Rakernas III pada 6 sampai dengan 8 Juni 2023. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut Ketua Umum PDIP Megawati bakal memberikan kejutan saat Rakernas.

"Jadi, nanti juga ada element of surprise," kata Hasto dalam konferensi pers di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (5/6).

Advertisement

Dalam Rakernas, salah satunya membahas mengenai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo. Namun, Hasto tak menjawab tegas mengenai langkah Megawati yang bakal mengumumkannya.

"Masih ada waktu, yang kami ambil 'kan, spirit dari kelahiran Bung Karno ini yang harus juga dijabarkan dalam visi dan misi serta agenda strategis ke depan," ujar Hasto.

Hasto mengatakan, partainya tidak akan berbicara semata politik elektoral ketika menggelar Rakernas III di Sekolah Partai, Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"Kami kembali pada hal yang pada prinsip bagaimana sejatinya ketika Bung Karno menyampaikan falsafah Pancasila bahwa di dalam Indonesia merdeka itu seharusnya tidak boleh ada kemiskinan," kata Hasto.

Tema Rakernas III PDIP adalah Fakir Miskin dan Anak Terlantar Dipelihara Negara. Tema Rakernas III diusulkan langsung Megawati agar negara ke depan tidak boleh main-main terhadap mandat konstitusi.

"Beliau (Megawati) menyebutnya sambil terharu. Ini pun sudah menunjukkan bahwa kami tidak boleh lagi main-main terkait dengan mandat ideologis dan mandat konstitusi," ujar dosen Universitas Pertahanan (Unhan) itu.

Hasto mengatakan PDIP akan berupaya meminimalkan kemiskinan di Indonesia. Mereka bersama bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo akan melanjutkan program pengentasan masyarakat dari kemiskinan yang sudah dibuat pada era Presiden RI Joko Widodo.

"Pak Jokowi mengatakan akan cawe-cawe agar bonus demografi kita ini tidak sia-sia sehingga terjadi loncatan kemajuan, nah, sepertinya PDI Perjuangan yang menangkap hal tersebut," tutur dia.

Ia juga mempertanyakan di mana keberadaan partai politik lainnya saat Jokowi dikritik soal cawe-cawe. Namun, pihaknya tetap mengartikan pada hal-hal yang positif.

"Kami percaya pada kenegarawanan dari Presiden Jokowi di dalam membangun kemajuan Indonesia raya," ujarnya.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement