Alba Tridi Akan Ekspor Hasil Daur Ulang Plastik ke Eropa

Nadya Zahira
6 Juni 2023, 16:32
Diskusi dalam acara groundbreaking PT ALBA Tridi Plastics Recycling Indonesia, di Kendal, Jawa Tengah, Selasa (6/6/2023).\
Katadata/Nadya Zahira
Diskusi dalam acara groundbreaking PT ALBA Tridi Plastics Recycling Indonesia, di Kendal, Jawa Tengah, Selasa (6/6/2023).\

PT ALBA Tridi Plastics Recycling (ALBA Tridi) akan membangun pabrik daur ulang di Kendal Industrial Park, Jawa Tengah. Hasil dari daur ulang tersebut berupa pallet plastik akan diekspor ke beberapa negara salah satunya Inggris dan Eropa.

Pendiri PT Tridi Oasis Group Dian Kurniawati memproyeksikan keuntungan yang dihasilkan dari ekspor pallet plastik tersebut mencapai Rp 60 juta per tahun. Saat ini permintaan pallet plastik di pasar global masih tinggi.

Advertisement

"Jadi dengan keyakinan tersebut, kami yakin ekspor tersebut bisa menghasilkan keuntungan itu, jadi marketnya memang ada dan akan terus tumbuh," ujar Dian dalam acara Groundbreaking PT ALBA Tridi Plastics Recycling Indonesia, di Kendal, Jawa Tengah, Selasa (6/6).

Dian berharap akan semakin banyak negara yang membuat atau memperbarui regulasi penggunaan material daur ulang sebagai bahan baku.

Selain ekspor, hasil dari daur ulang plastik juga untuk memenuhi kebutuhan lokal.

Owner dan Chairman ALBA Group Asia Axel Schweitzer mengatakan pabrik baru ini akan dilengkapi dengan peralatan canggih yang mampu memproses botol minum Polietilena Tereftalat atau PET. Kemudian mengubahnya menjadi cacahan plastik recycle PET atau rPET dan rPET food-grade.

"Teknologi canggih ini berasal dari produsen alat terdepan di Asia dan Eropa yang bisa memproduksi sekitar 36 ribu ton PET daur ulang per tahun, termasuk PET daur ulang food-grade," kata dia.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement