Usung Kamera 108 MP, Samsung Perkirakan Akan Jadi Tren Baru

Keunggulan sensor kamera kapasitas 108 MP milik Samsung yaitu dilengkapi fitur artificial intelligence.
Image title
4 Maret 2020, 20:02
Samsung, Galaxy S20, kamera 108 MP
Samsung
Samsung Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan Galaxy S20 Ultra.

Samsung mengusung kamera dengan sensor 108 Megapiksel (MP) pada ponsel terbarunya Samsung Galaxy S20 ultra. Sensor 108 MP merupakan kapasitas terbesar saat ini dan Samsung menganggap kamera dengan sensor besar akan menjadi tren.

Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia Denny Galant mengatakan Samsung mengusung kamera 108 MP mengikuti kebutuhan konsumennya. Dia memperkirakan teknologi kamera tersebut akan terus berkembang.

"Kami melihat ke depan secara perlahan jumlah piksel akan naik, dan tidak menutup kemungkinan jadi standard untuk produk selanjutnya," kata Denny, Rabu (4/3). 

(Baca: Pabrik di Korsel Sempat Tutup, Samsung Jamin Pasokan untuk Indonesia)

Denny mengatakan, keunggulan sensor kamera kapasitas 108 MP milik Samsung yaitu dilengkapi fitur Artificial Intelligence (AI). "Mengambil foto saat nonton konser sekalian bisa crop zoom in. Itu didukung teknologi AI," ujar dia.

Ada juga fitur nona binning yang menggabungkan sembilan piksel jadi satu. Dengan begitu menurutnya ukuran piksel dan tangkapan cahaya pun lebih besar. Kamera ponsel bisa ambil gambar di situasi minim pencahayaan (low light) dengan baik.

Samsung meluncurkan produk barunya seri Galaxy S20 termasuk S20 ultra di Indonesia pada hari ini (4/3). Galaxy S20 reguler dibanderol Rp 12,9 juta, sedangkan untuk jenis S20 plus dan S20 ultra masing-masing Rp 14,4 juta dan Rp 18,4 juta. 

Tidak hanya Samsung yang mengusung sensor dengan kapasitas 108 MP. Xiaomi pun memproduksi Mi Note 10 Pro dengan kapasitas yang sama. Kamera yang dipakai Xiaomi itu memang hasil pengembangan teknologi sensor dari Samsung.

Sensor yang digunakan yaitu ISOCELL Bright HMX. Bahkan, diberitakan Tech Lapse, Xiaomi dikabarkan mempunyai rencana mengembangkan sensor kamera sampai 256 MP.

(Baca: Rilis Ponsel 5G Pertama, Sony Xperia1 II Usung 4 Kamera Andal)

Selain dengan kemampuan sensor sampai 108 MP, Samsung juga mempunyai teknologi zoom sampai 100 kali di kameranya itu. Untuk kebutuhan video, kamera Samsung Galaxy S20 dilengkapi dengan teknologi 8K.

Seri Galaxy S20 menggunakan memori (chipset) teranyar milik Qualcomm, yakni Snapdragon 865. Meski demikian, untuk pengguna di Indonesia dan negara lain yang belum terjangkau teknologi 5G, chipset yang digunakan yaitu Exynos 990.

Kamera dengan kapasitas 108 MP memang hanya ada di varian S20 ultra. Pada varian S20 regular dan S20 plus, kamera utamanya 12 MP. Sedangkan kamera lainnya di S20 reguler dan S20 plus seperti telephotonya memakai 64 MP dan ultrawide 12 MP.

Kamera telephoto untuk mengambil gambar memanjang. Sedangkan ultrawide untuk mengambil gambar hingga 123 derajat. Bedanya, Galaxy S20 plus dilengkapi ToF 3D yang berfungsi memetakan dan memindai objek secara terstruktur. Sementara pada varian Galaxy S20 ultra, selain kamera utama 108 MP, ponsel ini dilengkapi kamera telephoto 48 MP dan yang ultrawide 12 MP, serta memiliki TOF 3D.

 

Editor: Yuliawati

Video Pilihan

Artikel Terkait