Riset: Telkomsel Juara dalam Pengalaman Video, Tri Unggul di Game

Telkomsel dinilai memberikan pengalaman streaming video seluler dengan kualitas terbaik dibandingkan operator lainnya di Indonesia.
Image title
2 Juli 2021, 14:08
Telkomsel, Tri, riset, streaming video
Telkomsel
Jaringan internet Telkomsel

Perusahaan analisis jaringan telekomunikasi, OpenSignal, mempublikasikan riset mengenai pengalaman jaringan seluler Indonesia baru-baru ini. Hasil riset menunjukkan operator seluler Telkomsel mengungguli operator lainnya dalam memberikan pengalaman video. Sedangkan, Tri unggul dari sisi penggunaan akses internet untuk gim.

Analis teknis OpenSignal, Hardik Khatri mengatakan bahwa untuk kategori pengalaman video, Telkomsel mendapatkan skor sebesar 62,7 poin dalam skala 0-100. Posisi kedua ditempati Tri dengan poin 61,7. Kemudian posisi ketiga Indosat 59,9 poin, keempat XL 57,3 poin, dan kelima Smartfren 40,1 poin.

Pada kategori ini, Opensignal mengukur kualitas streaming video untuk mencerminkan pengalaman nyata pengguna.  Perhitungannya merepresentasikan kualitas gambar, waktu pemuatan video, dan kecepatan jeda.

"Ini artinya, Telkomsel memberikan pengalaman streaming video seluler dengan kualitas terbaik dibandingkan operator lainnya di Indonesia," kata Hardik dikutip dari riset OpenSignal pada Kamis (1/7).

Kemudian, untuk kategori pengalaman bermain gim, Tri unggul dibandingkan operator lainnya. Tri mendapatkan skor 69,4 poin unggul jauh dibandingkan operator lain.

Telkomsel di posisi kedua mendapatkan skor 57,6, ketiga Indosat 55,6, keempat XL 53,2, dan terakhir lagi-lagi Smartfren dengan poin 49,7.

Pada kategori gim ini, OpenSignal mengukur pengalaman bermain game seluler multiplayer di seluruh jaringan seluler. "Skor Tri ditempatkan dalam kategori cukup, yang berarti sebagian besar pengguna di jaringannya menganggap pengalaman rata-rata," katanya.

Sedangkan pada skor lebih rendah, berarti pengalaman bermain gim pengguna menjadi kurang menyenangkan. Hal ini dirusak dengan peningkatan penundaan atau lag, dan kurangnya kontrol dalam gameplay.

Tri juga unggul pada kategori pengalaman aplikasi suara dengan skor 78,6 poin. Posisi kedua ditempati Telkomsel dengan skor 76,1. Kemudian, ketiga Indosat 74,6, keempat XL 73,3, dan terakhir Smartfren 72,7.

Kategori ini mengukur kualitas pengalaman panggilan suara pada beberapa aplikasi seperti WhatsApp, Skype dan Facebook Messenger. Penghitungannya  menggunakan model yang diturunkan dari pendekatan berbasis International Telecommunication Union (ITU).

Pada kategori kecepatan unduh atau download, Telkomsel unggul karena mencatatkan kecepatan sebesar 13,4 Megabyte per detik (Mbps). Kedua XL 12,6 Mbps, ketiga Indosat 12,1 Mbps, keempat Tri 11,1 Mbps, dan kelima Smartfren 6,3 Mbps.

Untuk kecepatan unggah atau upload, Telkomsel juga unggul dengan kecepatan sebesar 6,8 Mbps. Kedua Indosat dengan kecepatan 5,7 Mbps, ketiga XL 5,6 Mbps, keempat Tri 5,1 Mbps, dan kelima Smartfren 1,2 Mbps.

Berdasarkan kategori ketersediaan jaringan 4G, Smartfren unggul dengan skor 97,9%. Kedua Tri dengan skor 93,9%, ketiga Indosat 92%, keempat XL 91,2% dan terakhir Telkomsel dengan skor 89,3%.

"Smartfren tetap menjadi satu-satunya operator di Indonesia di mana penggunanya mendapatkan ketersediaan jaringan 4G melebihi batas 95%," kata Hadrik.

Sedangkan, untuk cakupan 4G, Telkomsel masih menempati posisi pertama dengan skor 8,5 poin. Kedua XL dengan 6,2 poin. Ketiga, Indosat dengan 6,1 poin, keempat Smartfren dengan 5 poin, dan terakhir Tri dengan 4,6 poin.

"Ini menunjukkan bahwa pengguna Telkomsel dapat menemukan sinyal 4G di lebih banyak lokasi daripada pengguna operator lain," ujar Hadrik.



Secara regional, OpenSignal mencatat bahwa kelima operator seluler ini unggul di masing-masing wilayah berdasarkan kategori pengalaman yang berbeda-beda.

Untuk pengalaman video misalnya, Telkomsel unggul di Banten, Jakarta Raya, Jawa Timur dan Yogyakarta. Sedangkan Tri unggul di empat wilayah seperti Kalimantan dan Sulawesi.

Tri juga unggul dalam pengalaman gim di 10 wilayah. Telkomsel unggul dalam pengalaman gim di Jakarta.

Untuk kecepatan unggah, Telkomsel menang di delapan wilayah. Sedangkan XL menang langsung di Sulawesi dan Tri di Kalimantan.

Diketahui, OpenSignal melakukan riset dengan metode survei kepada miliaran pengguna individu dan 100 juta perangkat secara global, termasuk Indonesia.

Advertisement

 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait